Jakarta (ANTARA) - Delegasi bisnis PT Pelindo berkunjung ke Kenya guna membahas peluang kerja sama pengembangan pelabuhan, terutama dengan otoritas Pelabuhan Mombasa.

Mereka disambut oleh Duta Besar RI untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin yang kemudian mendampingi delegasi selama di Nairobi dan Mombasa, tulis KBRI Nairobi dalam keterangannya pada Jumat.

Hery menyebut kedatangan delegasi PT Pelindo itu tindak lanjut dari pertemuan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Presiden Kenya William Ruto pada Januari di Nairobi.

"Diharapkan kerja sama di bidang tata kelola pelabuhan dapat menjadi titik tolak peningkatan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Kenya," kata dia.

Delegasiyang diterima oleh Wakil Menteri Bidang Transportasi Kenya Mohamad Daghar itu menyampaikan bahwa PT. Pelindo adalah pengelola pelabuhan terbesar kedelapan di dunia.

PT Pelindo mengoperasikan 152 pelabuhan di seluruh Indonesia dengan total volume lalu lintas kontainer pada 2022 mencapai 17,1 juta unit setara dua puluh kaki (TEU).

Baca juga: Pemkot Palembang dan PT Pelindo sepakati pembangunan IPA

Angka itu di atas total volume kontainer Kenya melalui Pelabuhan Mombasa dan Lamu yang pada 2022 hanya sebesar 1,4 juta TEU, kata KBRI Nairobi.

Pelindo juga telah berhasil melakukan transformasi digital sehingga meningkatkan efisiensi operasi pelabuhan hingga 200 persen.

Mohamed Daghar berharap Kenya Port Authorities (KPA) dapat bekerja sama dengan Pelindo untuk meningkatkan produktivitasnya.  

Untuk itu, Daghar menawarkan kerja sama sister port antara Kenya dan Indonesia yang akan diresmikan melalui nota kesepahaman.

Tawaran tersebut disambut baik oleh PT. Pelindo yang juga menawarkan untuk membantu Kenya mengembangkan kapasitas sumber daya manusia Kenya.

Pelindo menawarkan 10 beasiswa kepada warga Kenya untuk menempuh pendidikan pascasarjana dalam bidang-bidang terkait tata kelola pelabuhan.

Baca juga: Perkuat industri maritim, PTK kerja sama dengan Pelindo Jasa Maritim

Pelindo juga menawarkan program magang kepada pengelola pelabuhan Kenya dalam proyek-proyek yang sedang ditangani oleh perusahaan itu.

Pada Selasa (7/2), delegasi Pelindo meninjau fasilitas Pelabuhan Mombasa dan bertemu dengan Managing Director Kenya Port Authority (KPA) John Mwangemi.

Pelindo dan KPA saling memperkenalkan profil masing-masing dan bertukar pikiran mengenai peluang-peluang kerjasama yang dapat dijajaki.

"Pelindo melihat bahwa banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas Pelabuhan Mombasa tanpa harus melakukan investasi dalam jumlah besar," kata Dirut PT Pelindo Arif Suhartono.

Dia menegaskan, Pelindo akan fokus kepada upaya peningkatan efisiensi operasi Pelabuhan Mombasa dan Lamu sebelum mengembangkan kerja sama bisnis lebih jauh lagi.

Pelindo juga bertemu dengan Direktur Jenderal Kenya Maritime Authorities John Oming’o dan Gubernur Mombasa Abdulswammad Sharrif Nassir sebelum mengakhiri kunjungan ke Kenya pada Rabu (8/2).

Baca juga: KBRI buka perguruan pencak silat di Nairobi

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023