Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Nairobi membuka perguruan pencak silat di sekolah umum Kenya Brahma Sabha di kota Nairobi, Kenya dalam rangka penguatan hubungan sosial-budaya antara Indonesia dan Kenya.

Pembukaan perguruan pencak silat di Nairobi itu juga merupakan perwujudan diplomasi lunak (soft diplomacy) yang bertujuan untuk meningkatkan people-to-people contact antara kedua negara, kata KBRI Nairobi dalam keterangannya pada Kamis.

"Melalui pencak silat, para pemuda Kenya tidak saja belajar seni bela diri khas Indonesia tetapi juga mengenal nilai-nilai budaya Indonesia," kata Pejabat Fungsi Pensosbud KBRI Nairobi Andi Syamsulrijal Usman.

"Pencak silat dapat menjadi jembatan bagi peningkatan kerja sama bilateral pada tingkat masyarakat," ujarnya.

Pembukaan perguruan pencak silat di sekolah Kenya Brahma Sabha ditandai dengan pemasangan sabuk bagi para peserta pelatihan pencak silat.

Kegiatan itu dihadiri oleh staf KBRI Nairobi, pelatih pencak silat KBRI Nairobi, serta Presiden Federasi Pencak Silat Nasional Kenya Cleopas Chalicha.

Perguruan di sekolah Kenya tersebut beranggotakan sekitar 130 orang peserta latih pencak silat, yang terdiri dari para siswa-siswi kelas 1 hingga kelas 10 di sekolah tersebut.

Acara pembukaan padepokan pencak silat itu berlangsung khidmat dengan iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Kenya, yang dilanjutkan dengan demo permainan pencak silat sebagai seni bela diri oleh pelatih pencak silat KBRI Nairobi.

Perguruan di Kenya Brahma Sabha itu merupakan padepokan Pencak Silat yang kedua di Kenya, setelah yang pertama dibentuk di KBRI Nairobi pada September 2022.

Padepokan ke-3 direncanakan akan dibuka di Sekolah Internasional Nairobi pada minggu keempat Januari 2023.

Selanjutnya, padepokan ke-4 akan dibuka di kota Mombasa yang berjarak kurang lebih 490 kilometer di sebelah tenggara Nairobi.

Sebelumnya, pada 18 Juni 2021, telah dibentuk Federasi Pencak Silat Nasional Kenya (National Federation of Pencak Silat Kenya) yang diketuai oleh Cleopas Chalicha.

Pada 28 Maret 2022, Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (PERSILAT), yang diketuai oleh Prabowo Subianto, telah memberikan sertifikat konfirmasi pengakuan resmi terhadap National Federation of Pencak Silat Kenya sebagai anggota PERSILAT.

Baca juga: Pemkot Jaksel selenggarakan Festival Silat Tradisi Betawi Tahun 2022
Baca juga: Murid Sekolah Indonesia ikuti kejuaraan pencak silat di Johor
Baca juga: KBRI Astana resmikan Pencak Silat Corner tingkatkan promosi budaya

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Sri Haryati
Copyright © ANTARA 2023