Sebelum kereta dikirimkan, pihak kami selalu melakukan pre-trip inspection untuk memastikan keamanan dan keselamatan selama perjalanan menuju Depo Tegalluar
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menginformasikan empat rangkaian electric multiple unit (EMU) Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah tiba di Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

KCIC menyebut sejak dikirim Kamis (13/1), empat rangkaian EMU atau sebanyak 32 kereta KCJB telah tiba seluruhnya pada Jumat ini.

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry dalam keterangan di Jakarta, Jumat mengatakan seluruh rangkaian EMU KCJB itu tiba dengan selamat di Depo Tegalluar. Tidak ada kendala yang berarti selama proses pengiriman rangkaian EMU dari lokasi penyimpanan di wilayah Cakung, Jakarta Timur.

Baca juga: PT KCIC dan 20 perusahaan teken MoU dukung layanan kereta cepat

"Sebelum kereta dikirimkan, pihak kami selalu melakukan pre-trip inspection untuk memastikan keamanan dan keselamatan selama perjalanan menuju Depo Tegalluar," ujar Rahadian.

Selain itu, untuk memastikan keamanan proses pengiriman, KCIC juga berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, di antaranya Korlantas Polri, Jasa Marga, BPJT Kementerian PUPR, serta para kontraktor dan konsultan proyek KCJB.

Adapun dalam pengirimannya, setiap rangkaian EMU dilepas satu persatu untuk dikirim secara satuan menggunakan truk berkekuatan 279 ton. Dalam rangka menjaga keamanan para pengguna jalan tol lainnya, pengiriman juga hanya dilakukan pada Senin sampai dengan Kamis pukul 21.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Sedangkan jumlah pengiriman setiap harinya juga dibatasi hanya sebanyak dua unit kereta dalam setiap perjalanan. Dibutuhkan total waktu 2 hari dalam setiap perjalanan pengiriman EMU tersebut untuk memastikan keamanan dan keselamatan petugas maupun seluruh pengguna jalan tol.

KCIC juga memastikan Depo Tegalluar dalam kondisi yang steril dari berbagai alat berat agar rangkaian EMU dapat langsung ditempatkan pada trek. Setelah satu persatu kereta EMU tiba, petugas langsung merangkai EMU tersebut kembali untuk nantinya dilakukan uji statis dan dinamis.

Lebih lanjut, Rahadian mengatakan kedatangan empat rangkaian EMU tersebut menambah daftar EMU KCJB yang telah tiba di Indonesia menjadi enam rangkaian dari 11 rangkaian yang direncanakan untuk operasional KCJB.

Adapun pengiriman lima rangkaian EMU ke Indonesia akan terus dilakukan secara bertahap hingga akhir April 2023.

"Pengiriman EMU kloter 2 menuju Depo Tegalluar ini menjadi salah satu bagian dari persiapan jelang operasional KCJB. KCIC mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kelancaran proses pengiriman rangkaian EMU KCJB dari awal hingga akhirnya tiba di Depo Tegalluar," kata dia.

Baca juga: KCIC: Kereta cepat berperan membentuk koridor komuter Jakarta-Bandung
Baca juga: KCIC kirim EMU kereta cepat batch dua ke Depo Tegalluar

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023