Ankara/Damaskus (ANTARA) - Jumlah korban jiwa akibat gempa bumi dahsyat yang terjadi pada Senin (6/2) di Turki dan Suriah telah melampaui 21.000 orang, menurut data terbaru yang dirilis oleh pihak otoritas dan tim penyelamat.

Jumlah korban jiwa akibat gempa bumi di Turki bertambah menjadi 17.674 orang dengan 72.879 korban luka-luka, kata Wakil Presiden Turki Fuat Oktay pada Kamis (9/2).

Sementara di Suriah, sebanyak 1.678 orang tewas di sejumlah wilayah yang dikuasai pemerintah, sementara jumlah korban jiwa di daerah yang dikuasai pihak oposisi mencapai 2.190 orang, menurut sejumlah laporan media setempat.

Sejumlah tim pencarian dan penyelamatan (Search and Rescue/SAR) internasional, termasuk tim penyelamatan yang beranggotakan 82 orang dari China, tiba di Turki pada Rabu (8/2) dan bergegas menuju ke zona yang terdampak gempa untuk membantu upaya penyelamatan.

Gempa dahsyat bermagnitudo 7,7 mengguncang Provinsi Kahramanmaras di Turki selatan pada Senin (6/2) pukul 04.17 waktu setempat, yang kemudian disusul oleh gempa bermagnitudo 6,4 beberapa menit setelahnya di Provinsi Gaziantep, Turki selatan.

Selanjutnya, Provinsi Kahramanmaras, Turki kembali diguncang gempa bermagnitudo 7,6 pada pukul 13.24 waktu setempat.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023