Padang (ANTARA) - ​​Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menunjuk lima akademisi sebagai tim panitia seleksi Komisioner KPU Sumbar periode 2023-2028 yang diketuai Prof Asrinaldi dari Universitas Andalas dan Sekretaris Dr Otong Rosadi dan tiga anggota Beni Kharisma, Didi Rahmadi dan Alim Harun Pamungkas.

Ketua Tim Pansel Komisioner KPU Sumbar, Prof Asrinaldi, di Padang, Jumat, mengatakan pihaknya dilantik bersama 20 Timsel seluruh Indonesia pada 5 Februari 2023 dan langsung diberi pembekalan persiapan rekrutmen Komisioner KPU Sumbar.

Ia merupakan akademisi dari Universitas Andalas merupakan pakar di bidang politik lokal, kemudian Dr Otong Rosadi merupakan pakar di bidang hukum tata negara dan juga Rektor Universitas Ekasakti.

Setelah itu Beny Kharisma dan Didi Rahmadi yang merupakan dosen Universitas Andalas yang aktif di kegiatan kepemiluan dan Alim Pamungkas merupakan dosen Universitas Negeri Padang (UNP) yang juga pernah menjadi Timsel di Bawaslu Sumbar bersama Dr Otong Rosadi.

Baca juga: Eks ketua KPU sebut integritas pemilu ada empat prinsip

"Ini jadi bagian penting dari proses yang kami lalui dan dilantik hari itu dan menandatangani pakta integritas agar seleksi ini berjalan baik akuntabel sehingga tata kelola pemilu ke depan lebih baik," kata dia.

Ia mengatakan dalam melakukan penilaian administrasi nantinya pihaknya akan melakukan pemeringkatan di empat faktor yakni latar belakang pendidikan.

Kemudian memiliki pengalaman di kepemiluan baik sebagai penyelenggara, pemantau pemilu, penyelenggara mulai dari tingkatan desa hingga nasional.

Setelah itu faktor telah mengikuti pelatihan dan proses tahapan kepemiluan dan terakhir memiliki buku atau jurnal terkait isu pemilu.

Menurut dia empat faktor ini harus menjadi perhatian bagi calon pendaftar agar dapat mengukur diri mereka dalam mengajukan diri sebagai calon komisioner KPU Sumbar 2023-2028.

"Proses pendaftaran dimulai 10 Februari 2023 dan penetapan oleh KPU RI nanti di bulan Maret 2023," kata dia.***2***

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023