Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyalurkan family kit kepada masyarakat terdampak gempa bumi yang akan dilakukan melalui Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Turki.

"Alhamdulillah, Lazismu PP Muhammadiyah telah mengirimkan dana untuk family kit. Kami juga memberikan bantuan operasional tim atau relawan yang bertugas di Turki," ujar Direktur Pendayagunaan dan Pendistribusian Lazismu PP Muhammadiyah Upik Rahmawati dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Family kit yang dimaksud berupa kaos kaki, sarung tangan, baju tebal, celana, pakaian dalam, pembalut, sepatu bot, kerudung, sikat gigi, dan lain-lain.

Baca juga: PP Muhammadiyah sampaikan duka mendalam musibah gempa Turki dan Suriah

Pemberian bantuan tersebut disesuaikan dengan keadaan di Turki, mengingat situasi musim dingin yang sedang mencapai puncaknya. Selain family kit, Muhammadiyah juga menyalurkan sembako.

Dalam waktu dekat, PP Muhammadiyah juga akan mengirimkan Emergency Medical Team (EMT) untuk membantu proses penanganan korban terdampak gempa

"Saat ini Muhammadiyah juga diminta oleh Pemerintah RI berkontribusi untuk mengirimkan tenaga medis melalui EMT. Kami mengirimkan EMT yang didukung oleh Lazismu untuk berangkat ke Turki," kata dia.

Baca juga: Muhammadiyah kirim layanan medis bantu evakuasi korban gempa Turki

Sementara itu, Kepala Kantor Layanan (KL) Lazismu PCIM Turki Ahmad Dhiyaul Haq menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan pendataan dan koordinasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki untuk menghindari tumpang tindih penyaluran bantuan.

"Jadi, kami tetap koordinasi dengan PPI Turki agar bantuan ke WNI (Warga Negara Indonesia) tidak double," katanya.

Baca juga: Muhammadiyah segera berangkatkan relawan medis ke Turki

Bantuan tahap awal ini rencananya akan didistribusikan ke Karahmanmaraş, Gaziantep, yang terdampak gempa cukup parah.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023