Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Minggu (12/2) yang mendapat banyak perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT), hingga bantuan untuk gempa Turki.

Kemudian ada berita perihal aktivitas kegempaan gunung Bromo dan sertifikasi produk halal di setiap kantin Kementerian Agama. Berikut sejumlah berita Humaniora pada Minggu:

1. Menaker: Pemerintah siap sambut RUU PPRT jadi inisiatif DPR

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan bahwa pemerintah siap menyambut Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) menjadi RUU inisiatif DPR RI.

"Begitu RUU ini selesai menjadi RUU inisiatif DPR, maka pemerintah sudah siap. Posisi pemerintah benar-benar sudah siap karena pemerintah sudah mendiskusikannya," kata Menaker saat menghadiri Pawai HAM Mendukung Percepatan Pengesahan RUU PPRT di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, Ahad.

2. Aktivitas Gunung Bromo didominasi gempa tremor menerus

Aktivitas Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) didominasi gempa tremor menerus selama beberapa hari terakhir dan status gunung yang berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, itu berada pada Level II atau Waspada.

Berdasarkan laporan petugas Pos Pengamatan Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo Hadi Purwoko dalam laporan tertulisnya yang diterima pada Minggu menyebutkan bahwa pada periode pengamatan 11 Februari 2021 pukul 00.00-24.00 WIB tercatat dalam seismograf terjadi satu kali gempa tremor menerus dengan amplitudo 0,5-1 mm.

3. Tim INASAR tiba untuk pertolongan korban gempa Turki

Tim Indonesia Search and Rescue (INASAR Team) untuk pertolongan korban gempa yang terjebak di reruntuhan telah menginjakkan kaki di Adana, Turki, Minggu pukul 09.50 waktu setempat.

"Tim INASAR disambut oleh dua petugas di Posko Reception and Departure (RDC) Bandara Adana. Setelah mendapatkan pengarahan dari duta besar di Aksoy Hotel Adana, tim bergerak menuju Hatay," ujar Pranata Humas Ahli Madya Basarnas Anjar Sulistyono dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta.

4. Produk dan kantin di Kemenag harus bersertifikat halal

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan produk usaha dan kantin yang ada di lingkungan satuan kerja Kementerian Agama harus bersertifikat halal.

"Jangan sampai produk dan kantin Kemenag justru belum tersertifikasi halal. Kemenag harus memberikan contoh. Instruksi ini harus segera dilakukan," ujar Menag dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Untuk mempercepat implementasi produk dan kantin bersertifikat halal, Yaqut telah menerbitkan Instruksi No 1 Tahun 2023 tentang Sertifikasi Halal Produk dan Kantin di Lingkungan Satuan Kerja Kementerian Agama pada 8 Februari 2023.

5. Kemenkes kirim 65 nakes bantu penanganan korban gempa Turki-Suriah

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengirimkan sebanyak 65 tenaga kesehatan untuk membantu penanganan korban gempa bumi di Turki dan Suriah.

"Tim medis ini akan diberangkatkan pada Senin (13/2), dalam satu kloter dengan pesawat khusus,” kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Sumarjaya dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

Sumarjaya mengatakan tenaga medis yang dikirim terdiri atas dokter spesialis, tenaga kesehatan, dan tenaga pendukung kesehatan.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023