Jakarta (ANTARA) - Aktivis Lingkungan Rafaela Xaviera mengapresiasi peran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam menggaungkan isu iklim di Indonesia.

“Meski hal sederhana memfasilitasi isu lingkungan di kalangan anak muda, langkah PKB dan Muhaimin Iskandar sangat baik. Belum banyak partai politik yang melakukan. Ini bisa jadi inisiatif baik untuk politik lingkungan di Indonesia,” katanya dalam diskusi di Kantor DPP PKB Jakarta, Senin.

Hal itu disampaikan Rafaela dalam diskusi Panggung Inspirator Muda dengan tema milenial, krisis iklim dan Indonesia hijau.

Rafaela Xaviera (23) merupakan aktivis muda yang fokus dalam isu lingkungan dan memiliki ambisi besar untuk menahan krisis iklim khususnya di Indonesia.

Dia Bergabung di organisasi Climate Reality Project sebagai Coordinator of Direct Action dari XR Indonesia.

"Partai politik belum cukup terlibat dalam melaksanakan aksi iklim, seperti komitmen, program, maupun upaya untuk mendorong kebijakan iklim yang cukup," ungkapnya.

Kata dia, keterlibatan partai politik penting dalam upaya menegakkan keadilan iklim di Indonesia. Dia mencontohkan upaya yang dapat dilakukan yakni penegakan hukum terhadap perambahan lahan, pencemaran, maupun kegiatan/usaha lainnya yang memperburuk krisis iklim dan membuat masyarakat menderita.

Rafaela berharap kepada PKB dan Muhaimin Iskandar untuk mengambil langkah lebih lanjut dan nyata dengan membuat komitmen mendorong kebijakan iklim yang serius.

Kepada generasi muda, Rafa menyatakan bahwa krisis iklim sudah semakin parah, namun pilihan masa depan ada di tangan anak-anak muda saat ini.

“Kita perlu sadar akan berbagai isu yang dihadapi Indonesia, terlibat dalam solusi, dan jelang pemilu perlu bijak memilih pemimpin yang benar-benar berkomitmen untuk mengatasi krisis iklim,” katanya menegaskan.

Sementara itu, Juru bicara PKB Nada Fuady mengatakan saat ini belum banyak partai politik Indonesia yang melakukan langkah nyata dan menunjukkan kepedulian pada masalah krisis iklim.

“Kami di PKB berusaha melangkah lebih awal dan berharap menginspirasi pihak lain untuk bekerja demi mengatasi masalah krisis iklim,” katanya.

Baca juga: Welfare Indonesia berharap PKB konsisten perjuangkan isu lingkungan

Baca juga: Wakil Ketua DPR apresiasi kinerja Jokowi tangani perubahan iklim

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023