Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, sesuai dengan perkembangan terus mengikuti kemajuan teknologi informasi (TI) di era digitalisasi sehingga dalam menjalankan fungsi dan tugas mampu memberikan layanan optimal dan keselamatan kepada masyarakat.

"Kegiatan bimtek kali ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan dan perkembangan kehumasan pada masing-masing unit pelaksana teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut wilayah Provinsi Sumatera Utara," kata Kepala Disnav Type A Kelas I Belawan, Arif Muljanto dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Hal tersebut disampaikan dalam rangka meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Kehumasan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut wilayah Provinsi Sumatera Utara, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi (Disnav) Type A Kelas I Belawan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan dengan mengangkat tema Publikasi Sebagai Sarana Informasi Kinerja.

Dia mengatakan kehumasan sangat berperan penting untuk memperkuat eksistensi dan pencapaian kinerja serta nilai sebuah karya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Kepala Bagian Tata Usaha, Disnav Type A Kelas I Belawan sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Danles Hutajulu selaku mengatakan bahwa kegiatan bimtek kali ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang kehumasan, antara lain Wisnu Wardana selaku Kepala Bagian Organisasi dan Hubungan Masyarkat, Sesditjen Perhubungan Laut dengan materi paparan yaitu Peran Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Dalam Optimalisasi Kegiatan Publikasi, Media Sosial, Dan Kolabirasi Dengan Media Massa.

Kegiatan forum ini diikuti oleh para pegawai yang menangani tugas dan fungsi kehumasan atau tergabung dalam tim Social Media Response Team (SMRT) sebanyak 60 orang peserta yang berasal dari 18 UPT di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut wilayah Sumatera Utara.

Sebagai informasi, dalam waktu yang bersamaan Disnav Type A Kelas I Belawan juga menggandeng Dharma Wanita Persatuan (DWP) UPT di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut wilayah Sumatera Utara untuk ikut serta terlibat aktif dalam mempublikasikan kinerja Ditjen Perhubungan Laut dengan memanfaatkan sarana media yang ada.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Capt. Wisnu Handoko , Plt. Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Marganda dan para Kepala UPT Ditjen Hubla di wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: Kemenhub operasikan 177 trayek angkutan laut pada 2023
Baca juga: Awak kapal patroli KPLP dibekali kemampuan "boarding officer"
Baca juga: Kemenhub berinovasi teknologi untuk mudahkan layanan

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023