Makassar (ANTARA) - Seorang ibu rumah tangga diketahui bernama Ika Suryaningsih usia 35 tahun dinyatakan meninggal dunia diduga terpeleset dan terjatuh dari tangga rumahnya saat air mulai naik di tengah cuaca ekstrim yang mengakibatkan banjir di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Baru saja kita evakuasi salah seorang warga atas nama Ibu Ika. Korban meninggal akibat terjatuh," kata Camat Tallo Alamsyah usai evakuasi di lokasi kejadian, Senin.

Korban diketahui merupakan warga Jalan Abdul Rahman Hakim, Kelurahan Wala-Walaya, Kecamatan Tallo, Makassar. Kejadian tersebut terjadi pagi tadi saat hujan deras dengan intensitas lebat dan sangat lebat.

"Kami bersama-sama warga membawanya ke Puskesmas Ujungpandang Baru dan dikomunikasikan keluarga kemudian sudah tertangani dengan pihak puskesmas," tutur Alamsyah.

Baca juga: BMKG IV: Banjir di Makassar dipicu air pasang laut

Baca juga: BMKG Wilayah IV Makassar imbau masyarakat waspada banjir rob


Korban diduga mengalami kecelakaan karena terpeleset di tangga saat hendak masuk ke dalam rumah kala itu air mulai naik menggenangi rumahnya. Diduga kepala korban terbentur di lantai hingga tidak sadarkan diri.

Korban ditemukan keluarganya tergeletak di lantai dalam keadaan tidak sadarkan diri, lalu diperiksa. Selanjutnya dievakuasi warga bersama tim Dinas Sosial menggunakan perahu karet ke Puskesmas Ujungpandang Baru, Kecamatan Tallo.

"Pihak keluarga sudah mengambil jenazah dan diserahkan kembali ke rumahnya," katanya menambahkan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Makassar Armin Paera mengatakan korban dievakuasi bersama warga ke puskesmas untuk mendapatkan pertolongan, namun korban dinyatakan sudah meninggal dunia.

"Tadi korban sudah dibawa ke puskesmas, tapi korban sudah meninggal, sudah dievakuasi baru datang suaminya. Jenazah korban sudah dikembalikan ke rumah duka," kata Amrin.

Sejauh ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar belum melansir jumlah penyintas dampak banjir Makassar karena masih dalam proses asesmen dan membantu evakuasi korban terdampak.*

Baca juga: Gubernur Sulsel: Evakusi warga terdampak banjir di Makassar

Baca juga: Wali Kota: Banjir di Makassar juga dipengaruhi air pasang laut

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023