Gorontalo (ANTARA) - Warga korban banjir di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengungsi ke tempat aman, mengingat curah hujan masih tinggi.

"Sebagian besar warga memilih mengungsi. Saya dan keluarga pun sudah mengungsi sejak pukul 19.00 WITA," kata Utun J. Hanapi, warga Dusun Mootilango, Desa Bualo, Kecamatan Biau.

Ia membawa keluarganya mengungsi ke Dusun Moopunu, satu-satunya dusun di desa itu, yang tidak dilanda banjir sejak Selasa sore (14/2) pukul 17.20 WITA.

"Saya menggendong bayi kami berusia 3 bulan. Meski kondisi curah hujan tinggi, mengungsi adalah pilihan terbaik," katanya.

Baca juga: Wilayah barat Gorontalo Utara terendam banjir

Baca juga: Pemkab Gorontalo Utara lakukan percepatan penanganan banjir rob


Warga terdampak banjir, kata dia, sangat memerlukan bantuan alas tidur, selimut, makanan siap saji dan air bersih.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gorontalo Utara, Rully Tanaiyo, mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah desa di wilayah terdampak banjir dalam upaya pendataan warga terdampak.

Personel BPBD bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang berada di desa terdekat terdampak banjir, juga turut membantu evakuasi warga yang mengungsi.

"Kami meminta warga agar segera mengungsi ke tempat aman mengingat curah hujan tinggi masih terjadi. Namun, masih ada pula warga yang enggan mengungsi. Ini cukup disesalkan," katanya.

Data sementara, wilayah terdampak banjir di bagian barat kabupaten tersebut, adalah Dusun Tonala dan Dusun Mata Putih, Desa Mebongo, Kecamatan Sumalata.

Serta Dusun Bindengi, Dusun Olibolu Desa Omuto dan Dusun Motilango, Dusun Motabi di Desa Bualo, Kecamatan Biau, dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa dan berarus deras.

Pendataan sementara dilakukan pemerintah desa, untuk percepatan penanggulangan khususnya penyaluran bantuan yang diperlukan warga terdampak.

"Kita berdoa, agar banjir tidak meluas ke wilayah rawan lainnya. Serta hujan segera redah. Sebab wilayah ini diguyur hujan dengan curah tinggi sejak Selasa siang," ucapnya.*

Baca juga: BPBD Gorontalo Utara sebut enam desa terdampak banjir

Baca juga: Polres Gorontalo Utara atur lalu lintas Sulawesi terdampak banjir

 
Warga terdampak banjir di Kecamatan Biau, Gorontalo Utara, memilih mengungsi ke tempat aman, sejak banjir melanda pada Selasa (14/2/2023) mulai pukul 17.20 WITA. (ANTARA/Susanti Sako-dok.warga)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023