Yang utama itu air bersih. Di setiap peninjauan saya, banyak warga mengeluhkan air bersih. Makanya, saya minta PDAM penuhi semua kebutuhan warga
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memerintahkan PDAM Makassar agar menyiapkan air bersih untuk korban banjir, termasuk kebutuhan mendesak lainnya.

"Yang utama itu air bersih. Di setiap peninjauan saya, banyak warga mengeluhkan air bersih. Makanya, saya minta PDAM penuhi semua kebutuhan warga," ujarnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Ia mengatakan saat mengunjungi pengungsi di Perumahan Pattene Permai, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, mereka menyebut kebutuhan mendesak seperti air bersih dan obat-obatan antara lain minyak gosok, minyak telon, selimut, dan kebutuhan pokok lainnya.

Di pengungsian yang berlokasi di pinggiran timur kota Makassar itu, warga juga meminta tambahan perahu karet atau rakitan untuk mengevakuasi korban lainnya yang masih terjebak dalam rumah.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Sulsel 12-16 Februari

"Diantara puluhan tempat pengungsian, ini sisa tiga lokasi yang masih ada pengungsinya. Saya hadir di sini untuk memastikan warga saya dalam keadaan sehat dan kebutuhannya terpenuhi. Tentunya kondisi geografis yang cukup rawan. Lokasi ini dikelilingi perbatasan Sungai Bone Lengga. Sungai ini yang meluap," katanya.

Pada kesempatan yang sama ia mengapresiasi warga Puri Pattene yang telah membentuk tim relawan dari masyarakat setempat.

"Dua tangki besar sudah menuju ke tempat pengungsi. Saya juga sudah minta dibuatkan lagi 5 perahu rakitan. Ini bentuk apresiasi kita kepada warga sini karena sebelumnya mereka sudah membuat perahu rakitan sendiri. Saya apresiasi warganya di sini sangat kreatif dan peduli," tuturnya.

Sementara Camat Biringkanaya Benyamin mengungkapkan sebanyak tiga kelurahan yang terdampak banjir yakni Kelurahan Sudiang, Kelurahan Katimbang dan Paccerakkang.

“Jumlah pengungsi di Kecamatan Masjid Khadijah Pattene, Kelurahan Sudiang, sebanyak 485 orang,  Kelurahan Katimbang sebanyak 281 orang, Kelurahan Paccerakkang 89 orang,” tuturnya.

Baca juga: BPBD: 3.344 rumah terdampak banjir di Makassar
Baca juga: Danny Pomanto tepis banjir Makassar diakibatkan reklamasi dan galian
Baca juga: Banjir kepung Makassar, Dinas Pendidikan instruksikan liburkan siswa

 
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023