Kami mencatat 18 ribu kunjungan wisatawan mancanegara selama 2022. Sementara kunjungan wisatawan lokal sendiri tercatat 6.646 orang
Palangka Raya (ANTARA) - Balai Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) mencatat lebih dari 18 ribu wisatawan asing telah berkunjung ke Tanjung Puting di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, selama tahun 2022.

"Kami mencatat 18 ribu kunjungan wisatawan mancanegara selama 2022. Sementara kunjungan wisatawan lokal sendiri tercatat 6.646 orang," kata Humas Balai TN Tanjung Puting Efan Ekananda di Pangkalan Bun, Rabu.

Efan mengatakan untuk wisatawan asing yang berkunjung ke TN Tanjung Puting di tahun 2022 paling banyak berasal dari Spanyol yakni 7.198 wisatawan, Jerman 1.921 wisatawan, Amerika Serikat 1.846 wisatawan, Inggris 1.069, Perancis 1.064 wisatawan juga Belanda, Australia, Italia, dan Polandia.

"Untuk puncak kunjungan terjadi pada bulan Agustus yakni 5.071 kunjungan WNA," ujarnya.

Baca juga: TN Tanjung Puting jadi habitat burung langka di dunia

Sementara untuk data persite sendiri, site Camp Leakey menjadi paling banyak di kunjungi oleh wisatawan, yakni 10.789 kunjungan, lalu site Tanjung Tanggui sebanyak 7.398 kunjungan, dan site Tanjung Harapan sebanyak 7.136 kunjungan. Untuk itu, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi TNTP, bisa terlebih dahulu reservasi e-ticketing di https://tntanjungputing.id/sitanpan.

Dia mengatakan, peningkatan kunjungan wisatawan lokal ke taman nasional pada 2022 terjadi dibanding 2021 lalu. Peningkatan ini terjadi seiring penurunan kasus pandemi. Selain itu juga karena kebijakan kelonggaran aktivitas masyarakat terkait COVID-19.

"Di mana tahun 2021 tercatat hanya 1.281 wisatawan yang berkunjung ke TNTP.  Hal tersebut dikarenakan masih status pandemi COVID-19," katanya.

Dia pun mengajak wisatawan lokal dapat semakin sering berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting.

Tiket bisa juga langsung datang ke loket yang berada di dermaga Tanjung Puting. Namun dalam sehari dibatasi hanya untuk 40 orang dan cuma bisa berkunjung ke Tanjung Harapan.

"Biaya tiket masuk ke untuk berkunjung ke Tanjung Harapan cuma Rp5.000 untuk domestik, dan untuk wisman Rp150 ribu untuk hari biasa, dan untuk hari libur Rp225 ribu, dan itu belum termasuk sewa klotok," kata Efan.

Taman Nasional Tanjung Puting yang dengan luas 408.410 hektare atau 3.550 km2 tersebut merupakan wisata unggulan Kabupaten Kobar, Kalimantan Tengah yang sudah mendunia karena habitat hewan dilindungi yakni orangutan, bekantan, owa, dan lainnya.

Tanam nasional ini berlokasi di dua Kabupaten tersebut, yakni Kabupaten Kobar dan Seruyan tersebut juga memiliki hutan tropis yang masih terjaga dan memiliki aliran sungai yang berwarna hitam yang menjadi keistimewaan.

Ada beberapa aktifitas yang bisa dilakukan saat berwisata ke TN Tanjung Puting, misal menyusuri Sungai Sekonyer yang terkenal dengan warna airnya yang hitam sambil melihat satwa liar seperti buaya, bekantan, dan kunang-kunang di waktu malam. Selain itu, bisa melihat feeding camp atau memberi makan orangutan, tracking malam, dan berkunjung ke museum orangutan.

Baca juga: Tiga orangutan dilepasliarkan di Taman Nasional Tanjung Puting
Baca juga: Orang utan Tanjung Puting tarik perhatian pengunjung ITB Berlin

Pewarta: Rendhik Andika/M Husein Asyari
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023