Inflasi ini akan terus dijaga, salah satunya dengan melakukan tindakan pengendalian setiap pekan.
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengupayakan untuk dapat menjaga inflasi di daerahnya menjelang Ramadhan.

"Menjelang bulan Ramadhan dan saat nanti Ramadhan berlangsung akan diupayakan untuk menjaga agar semua stabil," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Ummihani, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan salah satu hal yang akan terus dijaga tetap stabil ialah tingkat inflasi daerah.

"Inflasi ini akan terus dijaga, salah satunya dengan melakukan tindakan pengendalian setiap pekan dengan melakukan rapat koordinasi secara rutin," katanya pula.

Dia menyatakan lagi, dengan adanya rapat koordinasi tersebut diharapkan semua pihak dapat segera menindaklanjuti secara langsung ragam peristiwa yang bisa mengakibatkan inflasi daerah.

"Ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga sekalian membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok murah sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET)," katanya lagi.

Menurut dia, langkah pengawasan juga akan terus dilakukan terhadap distribusi beragam komoditas di pasaran.

"Pengawasan distribusi bahan pangan yang mendapat subsidi pemerintah seperti minyak goreng serta bahan pangan lainnya akan dilakukan dari hulu sampai hilir. Sehingga saat Ramadhan diharapkan semua bahan pokok harganya stabil," ujar dia lagi.

Pada Januari 2023, inflasi Provinsi Lampung di angka 5,51 masih, dan dalam posisi yang stabil.
Baca juga: Kemenkeu: Kenaikan subsidi energi faktor utama jaga angka kemiskinan
Baca juga: Pemerintah menjamin ketersediaan pangan dan jaga stabilitas harga

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023