Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar meraih penghargaan sebagai pemerintah daerah yang memiliki pelayanan publik yang baik dan meraih predikat zona hijau dari Ombudsman RI.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis, mengatakan penghargaan yang diterimanya menunjukkan jika jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) hingga kecamatan dan kelurahan di lingkup pemerintah kota setempat mampu memberikan pelayanan yang prima.

"Reformasi birokrasi berjalan baik dan jajaran OPD sudah mampu mengimplementasikan itu, makanya kita meraih predikat zona hijau dalam pelayanan publik," ujar Danny-sapaan Moh. Ramdhan Pomanto.

Danny mengatakan masuknya kota Makassar dalam zona hijau ini menunjukkan kinerja jajarannya semakin baik dalam melayani masyarakat.

Ia memaparkan penilaian kepatuhan standar pelayanan publik (Yanlik) tahun 2022 yang mendapatkan nilai 80 poin, atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah kita sudah masuk di zona hijau, walaupun belum tertinggi. Kita berterima kasih, kita punya pengalaman di semua warna. Pernah merah, lama di kuning dan sekarang di hijau. Kami berharap tahun depan lebih baik dibanding tahun ini," ucapnya.

Danny mengatakan pihaknya berupaya tetap menggenjot kinerja OPD agar ke depan bisa meningkat dengan target meraih nilai 84 poin.

Ia juga menyebut ada tiga OPD yang menerima rapor penilaian baik, antara lain Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), dan Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Sementara itu, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih yang menyerahkan penghargaan tersebut kepada Wali Kota Makassar menyampaikan selamat kepada Kota Makassar atas pencapaian yang diraih dengan predikat zina hijau .

"Selamat kepada Makassar, saya harapkan penilaian hijau ini dipertahankan, semoga tahun depan lebih baik," kata Najih.

Najih menjelaskan kehadiran Ombudsman RI di Makassar untuk melihat lebih dekat dinamika perkembangan dari upaya yang sudah dilakukan pemerintah daerah setempat dalam hal standar pelayanan publik.

"Kunjungan kami di sini untuk melihat secara langsung realita di lapangan," ujarnya.

Najih juga menyebutkan kualitas tertinggi yang diperoleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar dengan nilai rapor hijau dengan skor 85,14 poin..

"Hasil penilaian kepatuhan merupakan penggabungan atas hasil kinerja empat dimensi penilaian, dimensi masukan, dimensi proses, dimensi keluaran, dan dimensi pengaduan," ujarnya.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023