Jakarta (ANTARA) - Panganan pisang goreng belum lama ini dinobatkan sebagai makanan pencuci mulut goreng (deep-fried desserts) terbaik di dunia menurut versi TasteAtlas.

Jenis kudapan ini jamak disajikan dan disantap oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai kesempatan. Selain mudah dijumpai, pisang goreng terbilang murah dan mudah untuk didapatkan.

Walau makanan pencuci mulut goreng diakui TasteAtlas tak begitu sehat, mengingat terdapat kandungan minyak, jenis panganan ini tetap menjadi populer di masyarakat.

Chef Yuda Bustara, saat dihubungi ANTARA pada Jumat, membagikan tips agar menggoreng pisang dengan menggunakan airfryer sehingga tak menyisakan minyak yang banyak. Atau tetap menggunakan metode digoreng, namun harus menggunakan minyak yang baru dan bersih.

"Kalau mau sehat, sebaiknya di airfryer daripada digoreng agar tidak mengandung minyak terlalu banyak. Kalaupun digoreng, bisa menggunakan minyak yang bersih," kata Yuda melalui keterangan tertulis.

Ada berbagai varian menu pisang yang diolah dengan cara digoreng, mulai dari pisang polos yang digoreng seadanya hingga pisang yang dilapisi tepung.

Chef Yuda membagikan menu camilan pisang yang mudah dibuat oleh siapapun, yaitu pisang goreng nugget. Berikut resep dan cara membuatnya.

Baca juga: Geguduh, pisang goreng "teman" minum kopi khas Lampung

Langkah pertama

Bahan:
- 2 butir telur
- 100 gram tepung terigu
- 15 gram gula pasir
- 30 gram susu bubuk
- 4 buah pisang

Cara membuat adonan nugget pisang:
1. Campurkan seluruh bahan ke dalam satu wadah, mulai dari telur, terigu, gula pasir, susu bubuk, dan pisang.

Jika Anda tidak tersedia susu bubuk, menurut chef Yuda, bahan ini juga bisa diganti dengan creamer bubuk atau susu kental manis. Namun khusus untuk susu kental manis, sebaiknya tidak terlalu banyak agar adonan nugget tidak terlalu cair.

2. Kemudian hancurkan seluruh campuran bahan dengan menggunakan food processor. Jika tidak memiliki alat tersebut, Anda juga bisa menghancurkan pisang dengan menggunakan garpu dan kemudian campurkan dengan bahan-bahan lain.

Haluskan seluruh bahan hingga menjadi adonan. Chef Yuda menyarankan agar proses ini tidak terlalu lama agar tekstur pisang tetap bisa didapatkan.

3. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti. Ini bermanfaat agar adonan yang sudah matang tidak lengket dan lebih mudah dikeluarkan dari loyang.

4. Kukus adonan selama 15-20 menit. Anda juga boleh menggunakan oven dan panggang selama 15-20 menit.

Selama mengukus adonan, sebaiknya tidak ditutup seluruhnya, saran chef Yuda. Hal ini bertujuan agar adonan tidak overcook. Anda dapat sedikit memiringkan tutup panci dan biarkan sedikit terbuka.

5. Angkat adonan yang sudah matang dan tunggu sampai dingin. Kemudian, keluarkan adonan dari loyang dan potong menjadi beberapa bagian. Adonan nugget setengah matang pun telah siap.

Langkah kedua

Bahan:
- Adonan nugget setengah matang yang sudah jadi
- 2 butir telur
- Tepung terigu secukupnya
- Tepung pangko/tepung roti/tepung panir secukupnya
- Aneka toping seperti cokelat atau keju sesuai selera

Cara menggoreng pisang nugget:
1. Agar pisang nugget lebih gurih, taburkan sedikit garam ke dalam tepung terigu, telur yang sudah dikocok, dan tepung pangko.

Campurkan adonan nugget setengah matang tadi ke tepung terigu, kemudian celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok, dan terakhir balurkan adonan ke tepung pangko.

Jika ingin mendapatkan tekstur yang lebih krispi, Anda juga dapat mengulangi langkah-langkah pencampuran nugget ke tiga bahan tadi sekali lagi.

2. Jika proses mencampurkan adonan nugget dengan telur, tepung terigu, dan tepung pangko telah selesai, Anda bisa langsung menggorengnya atau boleh menyimpannya terlebih dahulu di dalam freezer. Adonan ini dapat bertahan sampai tiga bulan jika disimpan di dalam freezer.

3. Goreng adonan nugget itu hingga matang merata. Kemudian angkat dan tiriskan pisang nugget

4. Sajikan pisang nugget di atas piring. Beri toping di atasnya sesuai dengan selera. Jika ingin mendapatkan toping cokelat yang meleleh, Anda bisa menutup pisang nugget dan biarkan uap panasnya memicu cokelat hingga meleleh selama 1-2 menit.

5. Pisang goreng nugget siap disantap

Baca juga: Pisang goreng jadi kudapan goreng terbaik di dunia

Baca juga: Lembut gurih sate domba Afrika yang disantap dengan pisang goreng

Baca juga: Pisang Pop siap tambah outlet di berbagai daerah

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023