Okupansi penumpang saat libur Isra Miraj mengalami kenaikan dibandingkan akhir pekan biasa
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Jumlah penumpang kereta api di sejumlah stasiun wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, mengalami peningkatan selama libur akhir pekan yang bertepatan dengan hari libur nasional Isra Miraj Nabi Muhammad SAW pada Sabtu.

"Okupansi penumpang saat libur Isra Miraj mengalami kenaikan dibandingkan akhir pekan biasa," kata Plt Manager Hukum dan Humas Daop 9, Azhar Zaki Assjari di Kabupaten Jember, Sabtu.

Pada Jumat (17/2) tercatat jumlah penumpang yang naik di sejumlah stasiun wilayah Daop 9 sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi tercatat sebanyak 8.214 orang dan jumlah tersebut meningkat sekitar 19 persen dibandingkan Jumat (10/2) pekan lalu sebanyak 6.896 orang.

Pada 18 Februari 2023 hingga pukul 12.00 WIB tercatat jumlah penumpang sebanyak 8.414 orang dan jumlah tersebut naik dibandingkan pada Sabtu (11/2) pekan lalu sebanyak 8.204 orang.

"Jumlah penumpang Sabtu ini kemungkinan bisa bertambah karena sebagian penumpang ada yang membeli tiket go show (langsung), sehingga masih terjadi pergerakan data penumpang," tuturnya.

Baca juga: Daop Jember imbau masyarakat waspadai penipuan terkait rekrutmen KAI

Baca juga: Daop 9 Jember pastikan operasional KA aman untuk libur Natal


Menurutnya, jumlah penumpang yang memesan tiket KA pada Minggu (18/2) berdasarkan data pada Sabtu pukul 12.00 tercatat sebanyak 7.472 orang dan jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah.

Melihat data KA jarak jauh yang sudah berangkat dari Daop 9 di antaranya KA Ranggajati, KA Wijaya Kusuma, KA Logawa, KA Sritanjung dan KA Tawangalun pada 18 Februari 2023 tercatat jumlah penumpang dari Daop 9 sebanyak 2.600 orang.

"Jumlah tersebut lebih banyak 11 persen dari jumlah penumpang pada periode yang sama pekan lalu yakni sebanyak 2.351 untuk sejumlah KA yang sama," katanya.

Ia menjelaskan kereta lokal yakni KA Pandanwangi pada hari Sabtu (11/2) rata rata penumpang sebanyak 900 orang, namun bertepatan dengan libur Isra Miraj mengalami peningkatan menjadi 1.000 hingga 1.100 orang dalam setiap keberangkatan.

Baca juga: Peluncuran KA Blambangan Ekspres mendongkrak pariwisata Banyuwangi

Baca juga: KAI Daop 9 Jember tutup 24 perlintasan liar karena banyak kecelakaan

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023