STC 2023 bisa memberikan manfaat ekonomi bagi pendapatan hotel dan restoran maupun masyarakat.
Biak (ANTARA) - Badan Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Biak Numfor, Papua mendukung penuh kegiatan penyelenggaraan event internasional Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 Biak untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

"Kami PHRI sangat berharap STC 2023 bisa memberikan manfaat ekonomi bagi pendapatan hotel dan restoran maupun masyarakat lokal Biak Numfor," kata Ketua PHRI Biak Numfor Makka Arief, di Biak, Minggu.

Ia mengatakan, pelaksanaan STC 2023 yang dijadwalkan 1-7 November tahun ini akan menggelar sejumlah kegiatan pariwisata, perikanan, festival budaya daerah, pameran pelaku usaha dan kegiatan ekspor hasil perikanan, pertanian Biak.

Dia berharap, jajaran PHRI Biak Numfor akan bekerja sama dengan pihak panitia penyelenggara, Dinas Pariwisata dan pemangku kepentingan untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan STC 2023.

Makka menyebut, ada kurang lebih 350 kamar hotel yang ada di Kabupaten Biak Numfor disiapkan mendukung STC 2023.

Beberapa hotel di Biak Numfor, kata dia, telah siap menampung turis mancanegara maupun wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kabupaten Biak Numfor.

"PHRI dengan core jasa bisnis usaha perhotelan dan restoran akan mensosialisasikan pelaksanaan STC 2023 kepada masyarakat," ujar Makka Arief.

Beberapa kegiatan STC 2023 sudah dimulai launching di Sarinah Jakarta 3 Februari, sosialisasi di Biak 16 Februari, Festival Budaya Biak 3-5 Maret, seminar Baramundi dan Kopi Ambaidiru 30-31 Maret di Yapen.

Lalu, Festival Gerhana Matahari Total 18-20 April di Biak, seminar komoditas unggulan dan makan 10.000 kepiting di Waropen 29-30 April, dan festival sejuta bakau 1-5 Mei.

Kemudian, International Sport Tourism Internasional Biak Hocky, Festival Saereri, Festival Negeri Seribu Ombak di Sarmi, Jambore Pemuda Pentakosta di Waropen, Festival Biak Munara Wampasi, International Biak Marathon, Festival Tuna, perayaan HUT ke-78 RI di pulau terluar Wakde Sarmi, Festival Budaya Biak, lomba separu roda, dan puncak STC 2023.

STC yang berlangsung 1-7 November 2023 dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Kegiatan STC 2023 diikuti empat kabupaten, di antaranya Biak Numfor, Waropen, Yapen Kepulauan, dan Kabupaten Sarmi.
Baca juga: Sail Teluk Cenderawasih buka potensi tingkatkan perikanan-wisata
Baca juga: Pemkab Biak ajak pemangku kepentingan dukung Sail Teluk Cenderawasih

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023