Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita humaniora pada Minggu (19/2) mulai dari Rumah Sakit (RS) Lapangan Indonesia telah melayani 130 warga korban gempa Turki hingga Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang perlu melibatkan ahli.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. RS Lapangan Indonesia layani 130 warga terdampak gempa di Turki

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan Rumah Sakit Lapangan Indonesia melalui Emergency Medical Team (EMT) telah melayani 130 warga lokal terdampak gempa di Kota Hassa, Provinsi Hatay, Turki.

“Sejak beroperasi pada 16 Februari 2023, pukul 18.00 waktu setempat, kami melayani lebih dari seratus pasien yang berdomisili di wilayah Hassa,” kata Kepala Pusat Pengendalian Operasi BNPB Bambang Surya Putra.

Berita selengkapnya klik di sini


2. BKKBN targetkan 1.182 kelurahan/desa di Malut miliki PIK-R

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Maluku Utara (Malut) menargetkan 1.182 desa/kelurahan provinsi itu memiliki Pusat informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dan sepasang Duta Genre pada 2023.

"Pembentukan PIK-R untuk menularkan semangat juang dan motivasi ini kepada semua remaja di Provinsi Malut," kata Kepala BKKBN Perwakilan Malut Renta Rego.

Berita selengkapnya klik di sini


3. DLH Kaltim kelola Rp41 miliar untuk lingkungan berkelanjutan

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Timur (Kaltim) mengelola anggaran Rp41 miliar pada 2023 untuk pengelolaan lingkungan berkelanjutan antara lain untuk program pengendalian pencemaran lingkungan dan pengelolaan keanekaragaman hayati.

"Untuk pelaksanaan program tahun 2023 ini, kami memperoleh anggaran dan proyeksi realisasi keuangan sebesar Rp41 miliar untuk berbagai program kegiatan yang telah direncanakan tahun sebelumnya," kata Kepala DLH Kaltim Ence Ahmad Rafidin Rizal.

Berita selengkapnya klik di sini


4. Kepala BNPB sebut logistik harus jadi fokus saat bencana

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Suharyanto mengimbau pemerintah daerah agar sigap turun ke lapangan dalam setiap kejadian bencana dan fokus akan ketersediaan logistik serta dana operasional yang memadai.

"Kebutuhan logistik dasar masyarakat terdampak harus menjadi fokus perhatian saat terjadi bencana," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini


5. Wapres nilai BPKH perlu libatkan ahli untuk investasi keuangan haji

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) perlu melibatkan ahli untuk memaksimalkan investasi keuangan haji.

"Memang perlu ada juga di situ ahli-ahli investasi yang bisa memantau usaha-usaha apa (yang bisa dilakukan)," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023