Tahun depan kita targetkan 10 ribu pengunjung dan 3 ribu peserta pameran..
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan berhasil menjalankan kebijakan diversifikasi ekspor lewat ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2012 yang pembelinya mayoritas berasal dari negara mitra dagang pasar non tradisional Indonesia.

"TEI 2012 dikunjungi oleh 5.430 pembeli dari 95 negara, dengan pembeli terbesar berasal dari Nigeria sebesar 11,27 persen," kata Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, dalam jumpa pers tentang hasil TEI 2012 di Jakarta, Kamis.

Bayu mengatakan capaian tersebut menunjukkan bahwa produk barang dan jasa Indonesia memiliki daya saing yang baik dalam menembus pasar non tradisional, khususnya beberapa negara yang sedang berkembang di Afrika.

Sebagai gambaran, pembeli kedua terbesar dalam TEI 2012 berasal dari Malaysia (6,1 persen), diikuti India (4,11 persen), Amerika Serikat (4,11 persen) dan Bangladesh (3,79 persen).

"Tujuan pelaksanaan TEI 2012 sejak awal memang untuk membuka pasar ekspor baru dengan berbagai komoditas yang memiliki daya saing di pasar tersebut," katanya.

Menurut Bayu, beberapa penandatanganan nota kesepahaman antara eksportir Indonesia dan importir dari beberapa negara mitra non-tradisional merupakan pintu awal dalam pengembangan ekspor Indonesia kedepannya.

"Keberhasilan tersebut merupakan wujud dari peran aktif perwakilan RI di luar negeri, para atase perdagangan dan Kepala Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (ITPC) yang dalam berbagai kesempatan mempromosikan TEI 2012," kata Bayu.

Nota kesepahaman yang ditandatangani selama penyelenggaraan TEI 2012 meliputi berbagai produk jadi seperti kapas, tekstil dan garmen, batik, teknologi informasi, serta jasa konstruksi.

"Hal itu merupakan bukti bahwa produk ekspor juga mulai terdiversifikasi, tidak hanya bahan mentah tapi juga merambah ke produk jadi yang bernilai tambah," katanya.

Keberhasilan penyelenggaraan TEI 2012 juga terbantu dengan dukungan acara World Export Development Forum (WEDF) 2012 yang diselenggarakan hampir bersamaan dengan pelaksanaan TEI yaitu pada 15-17 Oktober 2012.

WEDF 2012 yang dihadiri 700 peserta dari 51 negara juga memberikan kesempatan sebagian pesertanya untuk berkunjung ke TEI 2012.

"Tahun depan kita targetkan 10 ribu pengunjung dan 3 ribu peserta pameran yang promosinya akan kita mulai sejak tahun ini," kata Bayu.

(P012/Y008) 

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012