Jakarta (ANTARA) -
Pelatih asal Denmark Tony Kjaer memimpin tim bola tangan Indonesia dalam persiapan menghadapi Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai atau Asian Beach Handball Championship 2023 di Bali pada 10-19 Maret 2023.

Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan skuad Merah Putih saat ini berlatih di Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Saya berharap tim bola tangan putra dan putri yang kini ditempa di Balikpapan dengan pelatih asing dari Denmark Tony Kjaer dan Dwichandra Hariwibowo mampu meningkatkan prestasi yang dimiliki, " kata Zulfydar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Pemilihan Balikpapan sebagai lokasi latihan karena sebagian besar pemain yang memperkuat Merah Putih berasal dari Kalimantan Timur yang merupakan juara pada sektor putra dan putri dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bola Tangan 2022 di UNJ, Rawamangun, Jakarta.

"Dengan persiapan yang cukup selama di Kalimantan Timur, saya optimistis tim putra maupun putri dapat memberikan perlawanan dari tim peserta lainnya yang datang dari 15 negara di Bali nanti," kata Zulfydar.

Selama berlatih, selain mendapat tempaan pelatih asing, juga dikawal ketat Kabid Binpres PB ABTI Suryadi Gunawan dan Ketua Pengcab ABTI Balikpapan, Suraji.

Baca juga: 15 negara ikuti Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai 2023 di Bali

Zulfydar meminta dukungan doa dan semangat dari masyarakat Indonesia agar tim bola tangan yang kini dalam persiapan menuju kejuaraan Asia di Bali mampu menyuguhkan permainan terbaiknya.

"ANOC World Beach Games 2023 juga digelar di Pulau Dewata, Bali. Tampil di Kejuaraan Asia dapat dijadikan sebagai program antara bagi atlet nasional melakukan latihan intensif menuju kejuaraan Asia, " kata Zulfydar.

Adapun 10 pemain putra yang masuk tim Indonesia adalah Abdul Rahman, Detail, Zulkarnaen, Muhammad Putma, Muhammad Arya Aryasatya, Muhamad Ihsan, Baso Alif Nur, Zulfikar, Muhammad Sachli, Rafi Rajendra.

Adapun pada kelompok putri, kata Zulfydar, terdiri dari Dhea Alfiona, Aina Deandra Putri, Ervina, Intan Dwi Wulandari, Angky Nathasa Mahadewi, Sri Nurlinda, Vera Nanda Safitri, Aldelina Kayla, Putri Aisyah Maharani, dan Putri Adelya.

Berdasarkan hasil undian tim putra Indonesia berada di B bersama Vietnam, Oman, Hong Kong, Kuwait dan China. Adapun di grup A di tempati Iran, Qatar, Filipina, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

Sedangkan untuk putri, tim Indonesia bersaing dengan Vietnam, Filipina dan Hong Kong dalam Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai 2023.

Baca juga: PB ABTI perjuangkan bola tangan dipertandingkan di Pomnas 2023
Baca juga: PB ABTI berharap bantuan pemerintah untuk pelatnas bola tangan pantai
Baca juga: PB ABTI dapat dukungan dari UNJ dalam pembinaan atlet bola tangan

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023