Kabupaten Bandung (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menekankan bahwa komitmen dan integritas menjadi salah satu faktor penting bagi warga desa agar produk yang dihasilkan dapat menembus pasar ekspor.

"Yang pertama integritas dan komitmen, itu paling penting. Contohnya, Mas Haris (petani Desa Pulosari), dia ahli kentang di desa sini, bisa sampai ekspor, itu salah satunya integritas dan komitmen beliau sebagai orang yang punya kemampuan," ujar Mendes PDTT di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Selasa.

Baca juga: Bupati: Ekspor kentang jadi momen kebangkitan petani di Bandung

Di sela seremoni pelepasan ekspor perdana hasil petani binaan BUMDes Pulosari Handal, Mendes PDTT mengatakan mempunyai komitmen tinggi, berdedikasi, jujur dan loyal demi memajukan daerah juga merupakan faktor penting agar produk yang dihasilkan desa terserap oleh pasar.

Selain komitmen dan integritas, katanya, juga membutuhkan akses perluasan jaringan agar hasil pertanian desa dapat terserap pasar.

"Kalau kita bicara produk desa, masalahnya adalah off taker (pembeli) dan pemasarannya, sehingga di situlah dibutuhkan jaringan," tutur Gus Halim, demikian ia biasa disapa.

Oleh karena itu, menurutnya, di situlah pentingnya Supra Desa, pemerintah daerah, pemerintah kabupaten, hingga Kemendes PDTT untuk mencari solusi agar produk desa bisa sesuai standar, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

Baca juga: Mendes PDTT lepas ekspor perdana kentang BUMDes Pulosari Handal

Baca juga: Mendes PDTT dukung ekspor komoditas anggrek


"Kunci keberhasilan dalam ekspor adalah kualitas dan keberlanjutan, jangan sampai tidak memenuhi kebutuhan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Pulosari Agus Rusman mengatakan Desa Pulosari memiliki hasil pertanian yang bagus, seperti kentang, buncis kenya hingga kopi. Pihaknya berkomitmen untuk membantu mencari pasar bagi produk-produk itu.

Saat ini, kata Agus, desanya sedang fokus untuk memasarkan produk kopi Desa Pulosari yang hasil produksinya bisa mencapai ribuan ton.

Ia berharap Kemendes PDTT dapat terus membantu pemasaran produk-produk BUMDes Pulosari Handal.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023