Jakarta (ANTARA) - Asosiasi lembaga pengelola zakat Forum Zakat (FOZ) menilai gerakan zakat memberikan peran penting dalam membantu misi kemanusiaan secara global, utamanya dalam penanganan bencana.

"Dilibatkannya Forum Zakat dalam pelepasan bantuan ini adalah bukti bahwa gerakan zakat dan lembaga zakat di dalamnya memberikan peran penting dalam kemanusiaan global," ujar Wakil Sekretaris Umum FOZ Angga Nugraha dalam pelepasan bantuan ke Turki-Suriah di Jakarta, Selasa.

Angga mengatakan pascagempa yang mengguncang Turki dan Suriah dan meluluhlantakkan bangunan serta menimbulkan korban jiwa, FOZ langsung bergerak menghimpun bantuan dari seluruh anggotanya untuk disalurkan kepada para korban.

Baca juga: Presiden Jokowi lepas bantuan untuk korban gempa Turki dan Suriah

Forum yang mewadahi 196 badan dan lembaga amil zakat itu juga langsung menerjunkan relawan ke lokasi terdampak gempa untuk membantu proses penanganan.

"Lembaga zakat anggota Forum Zakat sudah mengirimkan amil dan relawan ke lokasi-lokasi terdampak di Turki. Ini adalah wujud komitmen kami dalam membantu penanganan bencana, terlebih di fase darurat untuk membantu proses evakuasi," kata dia.

Kini FOZ juga turut ikut ambil bagian dalam pelepasan 140 ton bahan makanan dan logistik oleh Presiden Joko Widodo untuk korban gempa Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pemerintah terbangkan bantuan tahap tiga untuk gempa Turki-Suriah

Bantuan yang disalurkan lembaga anggota Forum Zakat meliputi obat-obatan dan logistik. Ia berharap bantuan tersebut dapat segera dirasakan manfaatnya oleh para penyintas.

"Sebelumnya kami lakukan asesmen guna mendata kebutuhan, sehingga jelas kebutuhannya tepat sasaran, seperti selimut, kaos kaki, jaket tebal, dan makanan," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melepas paket bantuan kemanusiaan untuk menolong korban gempa di Turki dan Suriah.

"Diplomasi kemanusiaan terus-menerus dilakukan oleh negara kita Indonesia, dan pada pagi hari ini kita akan mengirimkan 4 pesawat ke Turki dan ke Suriah," kata Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Indonesia salurkan bantuan kemanusiaan ke Turki

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto juga akan berangkat untuk mengantarkan langsung bantuan tersebut.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023