Beban utang publik luar negeri banyak negara berkembang memburuk karena kerugian tajam dalam mata uang lokal
London (ANTARA) - Rebound pasca-pandemi dalam pertumbuhan dunia dan inflasi tahun 2022 berarti jumlah utang yang menumpuk di sekitar ekonomi global mengalami penurunan tahunan pertama dalam dolar sejak 2015, sebut sebuah studi yang melacak secara luas telah menunjukkan.

Laporan Institute of International Finance (IIF) yang diterbitkan pada Rabu (22/2/2023) memperkirakan bahwa nilai nominal utang global turun sekitar 4 triliun dolar AS, menjadikannya sedikit kembali di bawah ambang batas 300 triliun dolar AS yang ditembus 2021.

Dengan biaya pinjaman yang meningkat, terutama untuk pasar negara berkembang, penghematan didorong sepenuhnya oleh negara-negara kaya, yang secara keseluruhan melihat penurunan total utang sekitar 6 triliun dolar AS menjadi 200 triliun dolar AS.

Sebaliknya, jumlah utang negara berkembang mencapai rekor tertinggi baru sebesar 98 triliun dolar AS dengan Rusia, Singapura, India, Meksiko, dan Vietnam yang mencatat kenaikan individu terbesar.

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani dapat Penghargaan Kepemimpinan dari IIF di AS

Aktivitas ekonomi yang lebih kuat dan inflasi yang lebih tinggi, keduanya mengikis tingkat utang, membuat rasio utang terhadap PDB global turun lebih dari 12 poin persentase menjadi 338 persen dari PDB, menandai penurunan tahunan kedua berturut-turut.

Namun, sekali lagi, peningkatan tersebut didorong oleh pasar negara maju yang secara keseluruhan mengalami penurunan 20 poin persentase menjadi 390 persen. Rasio utang pasar negara berkembang naik sebesar 2 poin persentase menjadi 250 persen dari PDB, sebagian besar didorong oleh China dan Singapura.

Memecah angka lebih jauh, IIF, sebuah grup perdagangan perbankan global, memperkirakan bahwa rasio utang pemerintah terhadap PDB negara berkembang naik menjadi hampir 65 persen dari PDB pada 2022 dari hanya di bawah 64 persen.

"Beban utang publik luar negeri banyak negara berkembang memburuk karena kerugian tajam dalam mata uang lokal (tahun 2022) terhadap dolar."

IIF menambahkan bahwa hal itu telah mendorong permintaan investor internasional untuk utang negara berkembang dalam mata uang lokal ke posisi terendah multi-tahun, "tanpa tanda pemulihan segera".

Baca juga: IIF: Utang global dekati rekor 300 triliun dolar AS


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023