Tokyo (ANTARA) - Kaisar Jepang Naruhito pada Kamis untuk pertama kalinya menyampaikan pidato ulang tahun sejak naik tahta hampir empat tahun lalu, yang tertunda akibat pandemi.

Dalam pidato tersebut, Naruhito menyerukan kepada semua pihak agar membantu orang-orang yang kesusahan akibat inflasi dan pandemi.

"Banyak orang mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-hari di tengah pandemi dan kenaikan harga," kata Naruhito yang berdiri di balkon istana dan mendapat sambutan meriah dari ribuan warga yang berkumpul di halaman istana.

"Hati merasa sedih ketika memikirkan orang-orang dalam posisi rentan, yang lanjut usia, yang cacat, yang membutuhkan dukungan, dan orang-orang miskin serta anak-anak mereka. Namun, saya juga merasa gembira dan bersyukur ketika mengetahui ada banyak orang yang membantu orang-orang dalam posisi rentan," ujarnya.

Naruhito, yang berusia 63 tahun, dinobatkan sebagai kaisar pada 1 Mei 2019, setelah ayahnya Akihito menjadi kaisar pertama yang turun tahta dalam dua abad.

Pidato pada acara ulang tahun kaisar di depan publik adalah tradisi tahunan, tetapi acara tersebut telah ditangguhkan sejak 2020 karena pandemi.

Baca juga: Kaisar Naruhito ungkap penyesalan Jepang di masa perang

Pada Januari, Naruhito juga melanjutkan tradisi pidato Tahun Baru kaisar untuk pertama kalinya sejak wabah COVID, saat Jepang melonggarkan pembatasan dan kembali ke kehidupan normal.

Naruhito ditemani oleh istrinya, Permaisuri Masako, serta putri Aiko (21), dan saudara laki-lakinya Putra Mahkota Akishino serta istri dan putrinya, semuanya mengenakan topeng putih.

Pengunjung dibatasi kurang dari 5.000 orang yang dipilih dari lebih dari 60.000 pengajuan, demikian menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang, yang mengelola kehidupan keluarga kekaisaran. Sebelum pandemi, penampilan pidato kaisar terbuka untuk siapa saja.

"Saya merasa sangat senang ulang tahun saya dirayakan di hadapan publik untuk pertama kalinya," kata Naruhito.

Dia juga mengungkapkan apresiasi yang mendalam kepada Masako karena telah menghabiskan lebih dari separuh hidupnya bersamanya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Jepang umumkan Akishino sebagai ahli waris utama kaisar

Baca juga: Kaisar Jepang saat dinobatkan bersumpah jalankan kewajiban

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023