Itu salah satu yang saya minta untuk diawasi
Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono meminta manajemen TransJakarta meningkatkan pengawasan di seluruh armada untuk mencegah pelecehan seksual terhadap penumpang.

“Itu salah satu yang saya minta untuk diawasi, terus masyarakat juga ikut membantu,” kata Heru di Jakarta, Kamis.

Ia menginginkan kejadian tersebut menjadi bahan evaluasi agar ke depan tidak ada lagi peristiwa serupa.

“Tapi harus ditingkatkan pengamanannya,” imbuh Heru.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan TransJakarta, Apriastini Bakti Bugiansri menjelaskan kasus pelecehan seksual kepada salah satu penumpang wanita yang terjadi di dalam bus menuju arah Pulogadung pada Senin (20/2) sekitar pukul 19.45 WIB.

Baca juga: TransJakarta kecam keras pelecehan seksual di bus
Baca juga: Pelaku pelecehan seksual transjakarta divonis 1,5 tahun


“Melihat itu, petugas pramusapa kami langsung dengan sigap merespons dan menghampiri. Ternyata diketahui adanya dugaan pelecehan," kata Apri dalam keterangan tertulis, Selasa (21/2).

Tidak hanya pramusapa, petugas kebersihan yang sedang bertugas dan dua orang pelanggan lainnya juga ikut membantu menghalau terduga pelaku yang hendak kabur dari Halte Rawa Selatan.

Namun, pelaku memberontak dan nekat loncat melalui pagar pembatas halte sehingga terjatuh dan beberapa barang pribadinya tertinggal.

Ada pun beberapa barang pribadi yang jatuh dan tertinggal, lanjut dia, kartu TransJakarta, kunci, kartu Flazz berisi saldo Rp31.500 dan uang tunai Rp65.000.

Barang tersebut, lanjut dia, sudah diamankan oleh petugas pramusapa untuk diserahkan kepada pihak kepolisian sebagai barang bukti proses hukum selanjutnya.

Baca juga: Antisipasi pelecehan seksual, TJ pasang CCTV pengidentifikasi wajah
Baca juga: DKI buka "Pos SAPA" di 23 Halte TJ antisipasi pelecehan seksual


"Kepekaan dan kesigapan inilah yang dilakukan oleh petugas pramusapa dalam tindakan kejahatan apapun yang terjadi di lingkungan layanan TransJakarta salah satunya pelecehan seksual," ucapnya.

Sebelumnya, beredar viral di media sosial Twitter pengakuan seorang wanita berinisial H sebagai korban pelecehan seksual di dalam bus TransJakarta dari Monas menuju Pulogadung.

Ia pun membagikan pengalaman termasuk foto dan potongan video terduga pelaku yang sedang dihalau petugas dan penumpang.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023