Medan (ANTARA) - Aparat Polres Tapanuli Utara, Sumatera Utara melakukan pengamanan kedatangan tim F1 Powerboat Danau Toba melalui jalur udara Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit, Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara.


"Tim pebalap dunia F1 Powerboat itu, tiba di Bandara Silangit pada Kamis sekitar pukul 13.30 WIB, dengan menggunakan pesawat Batik Air ID-6834," kata Kapolres Tapanuli Utara (Taput) AKBP Johanson Sianturi, Kamis.

Setibanya di Bandara Silangit, Kapolres Taput bersama unsur muspida kabupaten setempat menyambut kedatangan tim serta mengalungkan ulos Batak sebagai khas budaya Batak Toba kepada masing-masing delegasi.

Johanson menyebutkan ada beberapa tim pebalap top pada Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) ini datang melalui Bandara Silangit yakni Di Carpegna Brivii Virginia (Italia), Cavalchini Emillie (Prancis), dan Cavalchini Luce (Italia).

Kemudian Palfrader (Italia), Balzan Alessandra (Italia), Cisterna Davide (Italia), Motta Ivan (Swiss) dan Bugada Lucia (Swiss).

"Tim F1 Powerboat yang menggunakan maskapai Batik Air ID-6834 mendarat mulus di Bandara Silangit," kata Sianturi.

Kapolres Taput menambahkan rombongan delegasi mendapatkan pengawalan petugas lantas menuju penginapan yang telah ditentukan di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

Sementara para pebalap dunia tengah melakukan persiapan akhir menjelang putaran pertama Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) di Danau Toba, tepatnya di kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Sumatera Utara, pada Sabtu (25/2) - Minggu (26/2).

Pada Kamis, 20 pebalap dari 10 tim mempersiapkan kapal super cepat mereka untuk memanfaatkan latihan bebas ekstra pada Jumat (24/2) yang sekaligus akan menjadi pengalaman pertama para pebalap berlaga di danau vulkanik terbesar di dunia tersebut.

Tak ayal, pebalap top dunia sangat menantikan debut di Danau Toba, termasuk sang juara dunia 2022 Shaun Torrente dari Tim Abu Dhabi yang tiba di Balige sejak Selasa (21/2).

Pebalap Amerika Serikat (AS) itu sengaja datang lebih awal agar bisa beradaptasi dengan cuaca dan perbedaan waktu.

"Kami sangat senang balapan di Danau Toba. Kami senang karena ini tempat berbeda dan memiliki arena balap yang sangat bagus. Ini akan menjadi luar biasa," ujar Torrente dalam wawancara bersama H20 Racing selaku promotor, Kamis.
Baca juga: Tim Supervisi Mabes Polri cek kesiapan event F1 Powerboat
Baca juga: Polda Sumut rekayasa lalu lintas di Balige selama F1 Powerboat 2023


Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023