Timika (ANTARA) - Penjabat Sekda Papua Pegunungan Sumule Tumbo mengaku saat ini aktivitas masyarakat di Wamena berangsur kembali normal setelah terjadinya kerusuhan yang dipicu adanya isu penculikan anak.
 
"Saat ini situasi sudah kembali normal dan masyarakat beraktivitas seperti biasa, termasuk aparatur sipil negara (ASN)," kata penjabat Sekda Papua Pegunungan Sumule Tumbo kepada Antara di Timika, Jumat.
 
Ia berharap situasi kondusif dapat terus dipertahankan dan masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang sengaja dihembuskan oknum tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Sembilan warga tewas akibat isu penculikan anak di Wamena
 
"Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah ini, " kata Sumule yang saat ini berada di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya dan Provinsi Papua Pegunungan.
 
Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Benny Adi Prabowo secara terpisah mengaku dari laporan yang diterima, kerusuhan itu berawal sekitar pukul 12.30 WIT, saat mobil penjual kelontong dihentikan warga di Sinakma, karena diduga akan melakukan penculikan anak.
 
Mendapat laporan tersebut, anggota yang dipimpin Kapolres Jayawijaya langsung ke TKP dan berupaya untuk menyelesaikan kasus tersebut dengan membawa terduga pelaku ke Polres.

Baca juga: Kabid Humas: DPO terpaksa dilumpuhkan petugas LP Wamena

Baca juga: Polisi gandeng TNI bubarkan massa anarkis di Tugu Salib
 
Namun, kata Kombes Benny, tiba-tiba ada yang berteriak dan menyerang anggota, sehingga meminta perkuatan dari Wamena dan massa makin anarkis, sehingga dilakukan tembakan peringatan.
 
Dikatakan, akibat insiden itu dilaporkan sembilan warga sipil meninggal, termasuk yang tertembak dan enam yang luka-luka. Selain itu, delapan ruko dilaporkan dibakar massa. "Aparat gabungan TNI-Polri terus bersiaga guna mengantisipasi kembali terjadinya gangguan keamanan," katanya.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023