Jakarta (ANTARA) - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menyiagakan petugas di 139 pos pemadam kecamatan dan kelurahan untuk mengantisipasi banjir.

"Ada 139 pos damkar di Jakarta dan sudah 'standby' perahu sekoci termasuk juga peralatan-peralatan penyelamatan seperti tambang untuk evakuasi jika diperlukan," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan saat ditemui di kantor Dinas Gulkarmat DKI di Jakarta Pusat, Minggu.

Pos tersebut nantinya menerima laporan langsung dari warga ataupun dari pusat terkait lokasi banjir. Berdasarkan laporan tersebut, dalam kurun waktu 15 menit petugas sudah harus sampai ke lokasi untuk melakukan proses evakuasi.

Tidak hanya proses evakuasi, pihaknya juga ikut langsung melakukan proses penyedotan air menggunakan mobil pompa. "Kita juga melakukan kolaborasi dengan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) lain seperti Dinas Sumber Daya Air," kata dia.

Saat ditanya pemetaan titik banjir, Satriadi mengaku tidak memiliki data tersebut lantaran hal itu ada di bawah pemantau Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) BPBD) DKI.

Walau demikian, pihaknya memastikan seluruh tim di setiap pos dan alat evakuasi telah disiapkan guna melakukan evakuasi banjir di daerah.

Sejumlah wilayah di DKI Jakarta terendam banjir usai hujan deras yang terjadi sejak Jumat (24/2) pagi.

Baca juga: PLN imbau masyarakat tingkatkan kewaspadaan kelistrikan di musim hujan
Baca juga: Jakarta sepekan, nasib Kampung Susun Bayam hingga banjir Jakarta

Tercatat ada enam jalan yang sempat tergenang sejak Kamis (23/2) malam hingga Jumat siang, yakni:
1. Jl. Sungai Begog, Kelurahan Semper Timur Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.
Ketinggian: 20 cm
2. Jl. Madya Kebantenan RT 06/02, (Depan Kantor Kelurahan Semper Timur) Kelurahan Semper Timur, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Sempat surut pukul 12.30 WIB dan kembali tergenang pukul 23.03 WIB
Ketinggian: 15 cm
3. Jl. Kramat Raya, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Sempat surut pukul 12.40 WIB dan kembali tergenang pukul 22.37 WIB
Ketinggian: 10 cm
4. Jl. Raya Cilincing, Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Sempat surut pukul 12.35 WIB dan kembali tergenang pukul 23.30 WIB
Ketinggian: 10 cm
5. Jl. Basoka Raya III RT004/RW006, Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.
Ketinggian: 15 cm
6. Jl. Lingkungan III, Rt.03, 015/03, Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.
Ketinggian: 20 cm
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023