Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya menguatkan pemerintahan desa untuk mendukung kesuksesan pembangunan daerah.

"Desa memegang peranan penting dalam keberhasilan pembangunan daerah, karena desa memberikan sumbangsih besar dalam menciptakan stabilitas daerah," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Senin, dalam kegiatan bina pamong di Desa Ibul, Kecamatan Simpangteritip.

Menurut dia, pemerintah desa merupakan ujung tobak pembangunan daerah dan nasional karena pemerintah desa yang bersentuhan langsung dengan warga yang ada di wilayah kerja masing-masing.

Desa juga memiliki permasalahan yang lebih besar terutama di sektor pelayanan dasar yang hanya bisa diatasi dengan pembangunan di desa secara berkelanjutan pada segala sektor strategis.

Konsep pembangunan desa berkelanjutan meliputi peningkatan pelayanan dasar, pembangunan dan pemeliharaan lingkungan, infrastruktur pengembangan ekonomi pertanian berskala produktif, pengembangan dan pemanfaatan teknologi dan peningkatan ketentraman kualitas masyarakat desa.

"Untuk menyokong pemerintah desa dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di tingkat dasar, selama ini Pemkab Bangka Barat menaruh perhatian besar terhadap kemajuan dan perkembangan desa," ujarnya.

Ia menyebutkan seluruh organisasi pemerintah daerah yang terkait dengan pemerintahan desa dan kebutuhan dasar warga diarahkan agar senantiasa memiliki program dan kegiatan memiliki dampak langsung kepada masyarakat luas.

"Selain itu, kita (bupati, wakil bupati dan para kepala OPD) juga menjalankan program bina pamong sebagai salah satu jembatan menjalin silaturahim sekaligus pertukaran informasi antara pemkab dengan pemerintah desa dan masyarakat," katanya.

Melalui kegiatan bina pamong, ujar dia, diharapkan semua pihak mampu memberikan kontribusi nyata dan dapat menyampaikan kritikan serta masukan yang bersifat konstruktif bagi kemajuan dan perkembangan daerah di masa datang.

Hal ini dimaksud agar dapat pembangunan dan kesejahteraan yang terealisasi secara merata, menyeluruh dan berkesinambungan.

"Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan diharapkan kendala letak geografis, jarak tempuh dan jarak desa dengan pusat pemerintahan tidak lagi menjadi alasan utama tidak meratanya pembangunan dan dirasakan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023