Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Ditjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Paudah mengatakan pelatihan aparatur desa melalui Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) hadir sebagai solusi bagi penyelenggaraan pemerintahan desa yang saat ini menghadapi berbagai tantangan.

"Program P3PD hadir sebagai solusi atas kebutuhan tersebut dengan harapan peserta pelatihan akan memiliki peningkatan pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan," kata Paudah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan-nya saat mewakili Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bina Pemdes Kemendagri La Ode Ahmad P. Bolombo menutup kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa tahun 2023, di Sorong, Papua Barat, Rabu (15/11).

Dia menyebut sejumlah tantangan yang dihadapi penyelenggaraan pemerintahan desa saat ini di antaranya adalah belum optimal-nya pelayanan dasar, bersamaan dengan belum kuatnya sumber daya manusia (SDM) pemerintah di tingkat desa.

"Sehingga mengakibatkan ketimpangan sosial dan kemiskinan bagi masyarakat desa," ucapnya.

Baca juga: Plh Dirjen Bina Pemdes Kemendagri minta pemerintah desa berinovasi

Baca juga: Bina Pemdes Kemendagri ingatkan penanganan stunting tak jadi jargon


Dia juga menyebut pemanfaatan sumber daya atau potensi desa demi belum optimal sehingga belum dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan perekonomian desa. Terlebih, lanjut dia, kapasitas perencanaan dan penganggaran yang inklusif di desa juga masih minim.

Selain itu, dia mengatakan pemanfaatan data dalam setiap tahapan pembangunan masih belum memadai sehingga berpengaruh pada basis pembangunan dan perekonomian masyarakat desa yang belum terpadu.

"Perlu diperhatikan dari segi pembangunan kualitas sumber daya di desa, terutama SDM yang unggul sehingga dapat mengelola SDA dengan optimal untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan dapat meningkatkan roda perekonomian di desa," tuturnya.

Untuk itu, dia menilai kondisi tersebut membutuhkan peningkatan kapasitas pengurus kelembagaan desa guna menyiapkan aparatur desa yang handal, salah satunya melalui program P3PD.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa tahun 2023 melibatkan sejumlah 33.458 desa yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan total jumlah peserta yang diundang sebanyak 133.832 orang. Adapun untuk Papua Barat, dari total 2.812 peserta yang ditargetkan, terealisasi 2.168 peserta atau 77,54 persen yang mengikuti kegiatan pelatihan.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023