Semua kompetensi, pemahaman dari pemerintahan desa, harus berkolaborasi, bersinergi, kerja sama, semuanya harus diarahkan bagaimana desa bisa produktif
Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) La Ode Ahmad P. Bolombo meminta pemerintah desa memunculkan inovasi-inovasi untuk memajukan desanya.

"Semua kompetensi, pemahaman dari pemerintahan desa, harus berkolaborasi, bersinergi, kerja sama, semuanya harus diarahkan bagaimana desa bisa produktif," kata La Ode dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Hal itu disampaikan-nya saat menutup acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Tahun 2023, Angkatan XI di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/11).

Baca juga: Dirjen Bina Pemdes ajak aparatur desa bikin kemajuan di desa

Baca juga: Dirjen Bina Pemdes harap dana desa wujudkan kemandirian desa


Menurut dia, berbagai macam cara harus dilakukan untuk membuat desa maju, mandiri, dan sejahtera sebab saat ini banyak informasi dan teknologi baru yang bisa dikembangkan untuk menciptakan inovasi di desa.

Apalagi, kata dia, pemerintah dari tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten juga mengurus desa. Dia pun berharap ada data desa yang lengkap ke depannya. "Yang laporkan kondisi aktual," ujar dia.

Sekretaris Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Paudah menyampaikan bahwa dari 1.476 target pelatihan di Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2023, pelatihan terealisasi di 1.473 desa atau 99,79 persen.

Sementara itu, lanjut dia, dari 5.904 peserta yang ditargetkan, terealisasi 5.730 peserta yang mengikuti pelatihan atau 97,05 persen.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023