Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Padang mengukuhkan tiga guru besar Fakultas Kedokteran masing-masing Prof. Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB. Subsp.Onk(K), Prof. Dr. dr. Aisyah Elliyanti, SpKN(K). MKes, dan Prof. dr. Hardisman, MHID. Dr.PH.

"Pengukuhan guru besar ini menjadi kebanggaan bagi Unand karena perannya akan lebih besar untuk kemajuan pelaksanaan Tridarma perguruan tinggi," kata Rektor Unand, Prof. Yuliandri di Padang, Sumatera Barat, Senin.

Ia mengatakan dengan pengukuhan tersebut maka Unand telah memiliki sekitar 160 orang guru besar yang tersebar di berbagai fakultas diantaranya Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, MIPA, Kedokteran.

Kemudian Fakultas Hukum, FISIP, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Budaya, Farmasi, Teknologi Pertanian, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Teknologi Informasi dan Kedokteran Gigi.

Menurut Yuliandri, jumlah guru besar Unand saat ini telah melebihi 10 persen dari total jumlah dosen yang ada.

"Jumlah dosen Unand ada sekitar 1.400 orang. Jadi lebih dari 10 persennya sudah guru besar. Kita terus mendorong dosen lain untuk bisa meraih gelar guru besar," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB. Subsp.Onk(K) yang dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap dalam bidang Ilmu Bedah Onkologi
pada Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menyampaikan orasi berjudul Keunikan Ranker Payudara di Indonesia: Tantangan Pelayanan Kesehatan Pada Era Postgenomik.

Prof. Dr. dr. Aisyah Elliyanti, SpKN(K)., MKes yang ditetapkan sebagai Sebagai Guru Besar Tetap dalam bidang Ilmu Kedokteran Nuklir pada Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menyampaikan orasi Peran Theranostics Kedokteran Nuklir Pada Tatalaksana Penyakit di Era Kedokteran Molekuler dan Dampaknya pada Layanan Kesehatan di Sumatera Barat.

Sementara Guru Besar Tetap dalam bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Komunitas pada Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Prof. dr. Hardisman, MHID., Dr.PH menyampaikan orasi Pendekatan Simbiotik Pendidikan dan Kebijakan Kesehatan dalam Peningkatan Kompetensi dan Pemenuhan Tenaga Kedokteran.

Pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono.*


Baca juga: Asrorun Ni'am dikukuhkan jadi Guru Besar Fikih UIN Jakarta
Baca juga: Universitas Pasundan telah mengukuhkan 27 guru besar

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023