Kami menerjunkan 20 orang petugas untuk membantu pengurusan NIB dan pendaftaran program bantuan modal usaha DBHCHT Kota Kediri tahun 2023, tujuannya membantu mempermudah buruh dan pekerja pabrik rokok serta disabilitas...
Kediri (ANTARA) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri, Jawa Timur, membuka layanan kepengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB)  dan pendaftaran bantuan modal usaha Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) Kota Kediri Tahun 2023 untuk penyandang disabilitas.

Kepala Disperdagin Kota Kediri Tanto Wijohari, Selasa, mengemukakan pihaknya ingin memberikan kesempatan kepada semua kelompok untuk mendapatkan kesempatan mempunyai usaha dengan bantuan modal usaha tersebut.

"Kami menerjunkan 20 orang petugas untuk membantu pengurusan NIB dan pendaftaran program bantuan modal usaha DBHCHT Kota Kediri tahun 2023, tujuannya membantu mempermudah buruh dan pekerja pabrik rokok serta disabilitas untuk mendapatkan NIB dan pendaftaran bantuan modal," katanya.

Ia mengatakan program bantuan modal usaha DBHCHT 2023 merupakan salah satu upaya Pemkot Kediri dalam memulihkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Harapannya bisa meringankan beban pelaku UMKM di Kota Kediri, khususnya persoalan permodalan, sehingga ke depannya masyarakat Kota Kediri semakin berdikari," katanya. 

Baca juga: Kediri latih petugas kelurahan terima daftar bantuan modal DBH Cukai

Dengan pelayanan ini ia mengharapkan masyarakat khususnya buruh, pekerja pabrik rokok, serta disabilitas, bisa terfasilitasi mendapatkan NIB dan pendaftaran program bantuan modal.

Pemerintah kota, kata dia, membantu mereka antara lain misalnya buruh dan pekerja pabrik rokok yang harus bekerja dari Senin sampai Sabtu, sehingga tidak bisa mendaftar pada hari dan jam kerja, maka layanan dibuka untuk membantu mereka.

"Awalnya layanan ini kami buka dari jam 09.00 WIB sampai 14.00 WIB, namun realitasnya layanan kita baru selesai pukul 18.00 WIB dan tercatat ada enam disabilitas dan 280 buruh dan pekerja pabrik rokok yang hari ini kita layani dan semoga layanan ini bisa membantu memudahkan masyarakat untuk mengakses program ini," ujar Tanto. 

Ia menyebut sejak dibuka pendaftaran bantuan modal usaha pada 20 Februari 2023 antusiasme masyarakat Kota Kediri sangat tinggi. Mereka bisa mendapat bantuan modal usaha maksimal Rp10 juta tergantung dari usaha yang dikerjakan. 

"Jumlah pendaftar program bantuan modal usaha DBHCHT Kota Kediri tahun 2023 sudah mencapai 10.848 orang dan saya optimistis jumlahnya masih akan terus bertambah karena pendaftaran masih akan dibuka sampai satu pekan ke depan," kata Tanto.

Baca juga: Pemkot Kediri fasilitasi pembukaan rekening penerima bantuan modal
 
 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023