Sejak berdiri, PT PII telah mendapatkan penyertaan modal negara sebesar Rp10,65 triliun yang menjadi dasar bagi kami untuk dapat menyalurkan penjaminan.
Jakarta (ANTARA) - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) memberikan penjaminan sebesar Rp95 triliun untuk 48 proyek pembangunan dengan nilai investasi yang dapat dibangkitkan sebesar Rp497 triliun sejak 2009 hingga 2022.

"Sejak berdiri, PT PII telah mendapatkan penyertaan modal negara sebesar Rp10,65 triliun yang menjadi dasar bagi kami untuk dapat menyalurkan penjaminan," kata Direktur Utama PT PII Wahid Sutopo dalam acara Innovative Financing in Unity (INFINITY) yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu.

Ia mengungkapkan penjaminan PT PII utamanya untuk mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerataan kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan di berbagai wilayah Indonesia.

Oleh karenanya, dampak dari berbagai proyek pembangunan yang dijamin oleh PT PII dapat dirasakan langsung bagi masyarakat.

Baca juga: PT PII-DIY menjajaki minat pasar TPA Sampah Regional Piyungan

Berawal dari sebuah gagasan untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur, PT PII didirikan pada 30 Desember 2009 sebagai sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diharapkan menjadi penggerak utama yang aktif dalam mempercepat pembangunan infrastruktur berkelanjutan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Selain itu, Wahid menuturkan PT PII juga diharapkan menjadi pelaksana layanan satu pintu atau single window untuk melakukan evaluasi penyusunan struktur penjaminan serta pemberian jaminan pemerintah dalam berbagai proyek infrastruktur, terutama yang dilaksanakan dengan skema Kerja sama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Baca juga: Heru sebut tengah perkuat infrastruktur dukung Jakarta jadi kota bisnis

Dalam perjalanan selama 13 tahun, PT PII mendapatkan dukungan yang luar biasa dari para pemangku kepentingan. "Khususnya dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang telah mempercayakan PT PII untuk melaksanakan mandatnya," tuturnya.

Ke depan, ia menegaskan akan terus memberikan komitmen PT PII sebagai Special Mission Vehicle (SMV) bersama dengan SMV lainnya di lingkungan Kemenkeu untuk menjadi entitas penggerak yang terpercaya dalam mendukung upaya akselerasi pengembangan infrastruktur dan pembangunan yang berkelanjutan melalui berbagai skema inovatif.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023