Hindari daerah rawan bencana untuk pembangunan
Jakarta (ANTARA) - Potensi tanah longsor di Jakarta berkurang dari 21 titik pada Februari menjadi 10 titik per Maret 2023 seiring perkiraan berakhirnya puncak musim hujan.

“Hindari daerah rawan bencana untuk pembangunan permukiman dan fasilitas lain,” kata Pelaksana Harian Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Muhammad Ridwan di Jakarta, Jumat.

BPBD DKI mendata berdasarkan pemetaan yang dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan 10 titik rawan longsor per Maret 2023.

Daerah rawan itu yakni di Jakarta Selatan meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu dan Pesanggrahan.

Baca juga: Potensi tanah longsor di Jakarta bertambah jadi 21 lokasi

Selanjutnya di Jakarta Timur meliputi wilayah Kramat Jati dan Pasar Rebo.

PVMBG mengukur perkiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah berdasarkan hasil tumpang susun antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan dari BMKG.

Menurut informasi dari PVMBG, 10 titik itu berada pada zona menengah yang dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Sementara pada zona tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Baca juga: BPBD DKI diminta koordinasi dengan BMKG-BNPB untuk antisipasi longsor

Meski titik rawan longsor di Jakarta berkurang namun, BPBD DKI mengimbau kepada lurah, camat dan masyarakat untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal.

Selain menghindari daerah rawan longsor untuk permukiman, Ridwan juga mengimbau masyarakat mendirikan bangunan dengan fondasi yang kuat.

Selanjutnya, menanami kawasan yang gersang dengan tanaman yang memiliki akar kuat, banyak, dalam dan memiliki kanopi lebar.

Kemudian, tidak mendirikan bangunan permanen di daerah tebing dan tanah yang tidak stabil, membuat selokan yang kuat untuk mengalirkan air hujan.

Baca juga: BPBD DKI identifikasi ciri tanah rawan longsor

“Waspada ketika curah hujan tinggi dan jangan menebang pohon sembarangan,” katanya.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023