Jakarta (ANTARA) - Dokter gizi lulusan Universitas Indonesia (UI) dr. Putri Sakti, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K menyarankan agar orang tua memberikan bahan alami untuk makanan pendamping air susu ibu (MPASI) agar anak terhindar dari obesitas maupun diabetes.

"Pada dasarnya kalau hanya untuk variasi makan, kita usahakan kembali ke sealami mungkin. Kalau bisa ya. Kalau gula ini kan siap seratnya sangat tinggi ya, kita khawatir ke arah obesitas. Apalagi sekarang lagi tinggi kasus obesitas pada anak," ungkap Putri dalam diskusi daring, Jumat.

Ia menjelaskan bahan alami tersebut antara lain bisa diperoleh melalui buah-buahan seperti pisang atau kurma yang terbukti memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan.

"Jadi sebaiknya MPASI ini mengenalkan sumber alami pada anak. Bisa dari pisang, bisa dari ubi jalar ungu. Kemudian peran ASI sendiri juga kan manis alami. Atau bisa juga menggunakan kurma. Kurma ini selain manis, ternyata vitamin dan mineralnya juga tinggi," imbuhnya.

Khusus kurma, Putri juga menyoroti buah tersebut bisa menjadi bahan pemanis maupun bahan olahan kombinasi makanan untuk anak karena dapat dikonsumsi dengan mudah dan tidak sulit dalam pengolahan.

Baca juga: Ibu hamil disarankan dokter tak pantang makan

"Misalnya usia 6 bulan, karena kita tahu kandungan kurma ini sangat kompleks, jadi tidak hanya manis karbohidrat tapi dia juga ada kandungan proteinnya. Walaupun kecil kalau dibandingkan dengan protein hewani. Kurma juga kaya kaya dengan beberapa vitamin. Ada asam folat, ada kalsium, ada zat besi, ada zinc, banyak," jelasnya.

Beberapa contoh makanan lainnya yang bisa dikombinasikan dengan kurma adalah bubur susu kurma. Para ibu pun bisa menyesuaikan tekstur kurma tersebut sesuai dengan usia sang anak. Dengan demikian, anak pun juga bisa mengenal rasa manis sekaligus mendapat nutrisi.

"Contoh lain kurma ini juga bisa diolah menjadi puding. Selain itu kurma juga bisa diolah menjadi perkedel sapi kurma. Jadi untuk lauk si kecil juga bisa. Sudah ada daging sapi untuk zat besi, kita tambahkan untuk mengkombinasikan rasa tambahkan kurma sebagian," kata Putri.

Selain bisa membuat variasi MPASI di rumah, para ibu juga bisa memberikan produk komersial yang difortifikasi. Salah satu produk yang baru diluncurkan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur adalah SUN – MPASI fortifikasi.

SUN menghadirkan bubur bayi dengan varian rasa baru “KURMA & SUSU” sebagai upaya pemenuhan nutrisi bayi. Brand Manager SUN, Sri Lestari pun menjelaskan bahwa produk ini dibuat dengan kebaikan kurma asli yang aman karena tidak mengandung pengawet.

Baca juga: Dokter gizi tak sarankan anak dapat MPASI dini

Baca juga: Dokter: Pemahaman pemberian MPASI yang benar jadi kunci cegah stunting

Baca juga: Dokter: Beri gula pada makanan pendamping ASI setengah sendok teh

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023