kami menemukan ada rumah yang kebetulan materialnya tidak begitu rusak di lokasi lapangan Gatet.
Jakarta (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0502 Jakarta Utara memberikan bantuan kepada warga korban kebakaran Depo Pertaminan Plumpang yang saat ini tinggal di posko-posko pengungsian mandiri di sekitar lapangan futsal Gatet.

Komandan Kodim (Dandim) 0502 Jakarta Utara Kolonel Infanteri Frega Wenas Inkiriwang  mengatakan pihaknya mendapatkan informasi sebagian warga  lebih memilih mendirikan posko mandiri dekat dengan rumahnya yang tidak terlalu mengalami kerusakan.

"Kami mendatangi posko mandiri warga dan kami menemukan ada rumah yang kebetulan materialnya tidak begitu rusak di lokasi lapangan Gatet. Kami salurkan bantuan ke sana supaya terdistribusi serta tepat sasaran," kata Frega kepada wartawan di Jakarta Utara, Minggu.

Dandim meluncur ke lokasi menggunakan sepeda motor bersama Ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XVI Kodim 0502 Ollen Ester Wenas serta sejumlah personel TNI Angkatan Darat dengan membawa bantuan berupa selimut, susu, popok bayi, dan biskuit dari donatur.

Berikutnya, Dandim  memberi arahan kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI untuk melaksanakan patroli keliling di lokasi kebakaran dengan senantiasa berkoordinasi dengan warga dan karang taruna setempat agar keamanan dan kenyamanan tetap terjaga.

"Tujuannya, kita enggak pernah tahu namanya musibah, jangan sampai nanti rekan-rekan kita yang sudah terkena musibah, barangnya sampai hilang juga. Makanya saya arahkan Babinsa supaya ada keyakinan warga mengenai keamanan barang-barangnya," kata Frega.

Pantauan di lokasi, memang terdapat sejumlah warga yang memilih bertahan di sekitar lapangan futsal Gatet. Jumlah warga yang memilih bertahan masih terus dipastikan karena petugas gabungan sedang melakukan pendataan.

Dandim mengimbau kepada donatur maupun relawan bisa saling berkoordinasi dengan personel gabungan yang terdapat di Posko Terpadu Komando Rayon Militer (Koramil) 01 Koja dalam penyaluran bantuan kemanusiaan.

Hal itu diperlukan supaya penyaluran bantuan kepada korban kebakaran berjalan efektif, transparan, dan sesuai dengan yang dibutuhkan warga saat ini.

Saat ini di personel yang tersedia di Posko Terpadu Koramil 01 Koja berjumlah sekitar 214 orang. Namun jumlah tersebut masih bisa berubah seiring dengan dinamika yang berkembang di lapangan.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0502 Jakarta Utara Kolonel Infanteri Frega Wenas Inkiriwang menyalurkan bantuan untuk posko pengungsian mandiri warga yang menjadi korban kebakaran depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara sekitar lapangan futsal Gatet, Minggu (5/3/2023). ANTARA/Abdu Faisal
Baca juga: Pelindo kirimkan obat dan selimut untuk korban kebakaran Plumpang
Baca juga: PJ Gubernur DKI akan evaluasi Depo Plumpang sesuai arahan Presiden
Baca juga: Anggota DPR dorong BPN selidiki legalitas tanah sekitar Depo Plumpang


Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023