sebelumnya tertunda karena pandemi COVID-19 yang meniadakan kegiatan serupa
Jakarta (ANTARA) -
Mantan Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara Kolonel Infanteri Frega Wenas Inkiriwang menyampaikan rasa haru atas kado manis yang diterima pada akhir tahun 2023 yakni wisuda gelar doktor dari universitas di London, Inggris.

Jebolan Akademi Militer 1998 yang kini berdinas di Kodam Jaya tersebut mengungkapkan kebahagiaan bisa meraih gelar S3 tersebut.

“Ya benar, saya di bulan Desember ini akhirnya bisa mengikuti wisuda di kampus saya London School of Economics and Political Science (LSE) di London, Inggris tepatnya pada 13 Desember 2023," kata Frega kepada wartawan di Jakarta, Kamis.
 
Frega begitu senang bisa mengikuti wisuda setelah tertunda dua tahun karena pandemi dan kesibukannya menjabat sebagai Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara.
 
Frega bercerita hadiah ini selain menjadi momentum perayaan Natal dan tahun baru, juga berbarengan dengan penyelenggaraan wisuda kampus-kampus besar di Indonesia maupun di luar negeri.
 
Seperti di Inggris Raya, ungkap Frega, perayaan seremonial wisuda biasanya diselenggarakan di bulan Juni atau Juli bertepatan dengan musim panas atau Desember yang bertepatan dengan musim dingin.
 
Hal ini kemudian menjadi momen yang menguntungkan baginya untuk bisa menikmati jalannya proses wisuda setelah dua tahun tertunda.
 
"Tentu menjadi momentum haru yang membanggakan, karena akhirnya perjuangan studi S3 saya bisa dirayakan setelah sebelumnya tertunda karena pandemi COVID-19 yang meniadakan kegiatan serupa," ungkap Frega.
 
Adapun selama dua tahun tertunda disebabkan pada pertengahan dan akhir tahun 2021 serta 2022 Frega disibukkan dengan kegiatannya berdinas di beberapa tempat.

Undangan wisuda yang didapatkannya pun tidak langsung ditindaklanjuti.
 
Frega memilih untuk menyelesaikan dinas-dinasnya sebagai perwira TNI Angkatan Darat, termasuk dalam jabatan Dandim 0502 Jakarta Utara.
 
"Sebenarnya saya sudah diberi undangan untuk mengikuti wisuda, namun karena masih berdinas di daerah operasi Papua kemudian menjabat sebagai Koorspri Kasad dan Dandim Jakarta Utara maka tidak memungkinkan untuk bisa hadir mengikuti prosesi wisuda secara langsung di Inggris,” ucapnya.
 
Bagi Frega, perayaan seremoni wisuda S3 nya ini menjadi penting.
 
Wisuda ini menjadi momen untuk menoleh sejenak perjuangan dirinya sebagai perwira TNI pertama yang lulus di kampus LSE serta mendapatkan gelar Fellowship of the Higher Education Academy (FHEA).
 
Sekaligus untuk menginspirasi para prajurit muda TNI demi terciptanya manusia unggul yang siap berkontribusi bagi pembangunan Indonesia Emas 2045 mendatang.
 
Diketahui, Kolonel Inf TNI Frega Wenas Inkiriwang PhD, FHEA saat ini menjabat Kepala Bagian Latihan (Kabaglat) Resimen Induk Kodam Jaya/Jayakarta (Rindam Jaya) sekaligus dosen tetap di Universitas Pertahanan.
 
Ia belum lama ini pun menyelesaikan sekolah militer setingkat Sesko TNI di Joint Forces Staff College yang berlokasi di Norfolk, Virginia, Amerika Serikat.
 
Di sana, Frega berhasil menorehkan prestasi dengan mendapatkan penghargaan JCWS Director's Distinguished Writing Award.
Baca juga: Cinta nirbatas Ibu Guru Kembar kepada anak-anak marjinal
Baca juga: Kodim 0502 JU beri bantuan posko mandiri korban kebakaran Plumpang
Baca juga: Dandim bangun kebun vertikal di Makodim 0502 JU

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023