Ini merupakan agenda perdana oleh Kodim
Jakarta (ANTARA) - Komando Distrik Militer 0502 Jakarta Utara meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena membuat museum pertama dari sarana peti kemas berdimensi 20 kaki.

"Ini merupakan agenda perdana oleh Kodim merayakan ulang tahun ke-57 sekaligus meresmikan Museum Peti Kemas perdana dan juga mendapat penghargaan dari MURI," kata Komandan Korem 052/Wijayakrama Brigjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo saat ditemui di Markas Kodim 0502/JU di Jakarta Utara, Selasa.

Gatot mengapresiasi Komandan Kodim 0502/JU Kolonel Frega Wenas Inkiriwang bersama stafnya karena telah menghadirkan museum yang sepenuhnya dipersembahkan kepada masyarakat setempat.

Gatot menilai museum tersebut mengedukasi dari segi sejarah, baik tentang Kodim itu sendiri, sejarah tentang Koramil yang ada di wilayah Kodim dan juga sejumlah artefak terkait TNI.

Museum Peti Kemas yang memiliki dua lantai dengan panjang enam meter, lebar 2,4 meter dan tinggi 2,6 meter itu dapat dinikmati masyarakat umum secara gratis.

Gatot berharap nanti ketika ada program "Army go to School", museum ini bisa digunakan oleh Kodim untuk menarik kunjungan anak-anak dari tingkat TK dan grup bermain (Playgroup) hingga SD, untuk datang ke Kodim.

"Bisa melihat, menjadi satu pengalaman menarik ketika mereka melihat perkembangan sejarah Kodim dan Koramil di masanya. Dan ini gratis," katanya,

Ia mengakui bahwa hal itu memang sengaja dibuat untuk masyarakat agar  memahami apa itu TNI, Koramil, apa itu Kodim, sehingga mereka bisa tahu bagaimana sejarah TNI dan apa perannya. 

Baca juga: Kodim 0502 Jakut salurkan susu dan telur untuk tumbuh-kembang anak
Baca juga: Kodim 0505/Jakarta Timur gelar simulasi penanggulangan bencana

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023