kami sudah berkolaborasi dengan Kemenparekraf menyalurkan pembiayaan yang sifatnya dana bergulir kepada pemilik 'homestay'
Jakarta (ANTARA) - Direktur Keuangan dan Operasional PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Bonai Subiakto mengatakan perusahaan itu telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp12,42 miliar untuk pembangunan 152 homestay atau rumah tinggal di 16 desa hingga tahun 2022.

“Sejak 2018 atau 2019 lalu, kami sudah berkolaborasi dengan Kemenparekraf menyalurkan pembiayaan dana yang sifatnya dana bergulir kepada pemilik homestay,” kata Bonai Subiakto dalam konferensi pers di Kantor SMF Jakarta, Selasa.

Pembiayaan tersebut disalurkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) melalui dana coorporate responsibility (CSR) dengan kewajiban pengembalian hanya 3 persen dari dana yang disalurkan.

“Itu pun diberikan kembali ke BUMDes penyalur untuk dikelola sebagai dana bergulir, sehingga masyarakat yang bisa menikmati pembiayaan homestay terus bertambah,” imbuhnya.

Baca juga: SMF targetkan pertumbuhan kinerja keuangan di 2023

Baca juga: SMF telah membiayai 1,5 juta debitur KPR sampai 2022


Homestay tersebut dibangun di Desa Nglanggeran, Desa Samiran, Desa Kuta, Desa Pagerharjo, Desa Kemuning, Desa Mertak, Desa Sarongan, Desa Sukajaya, Desa Tamansari, Desa Bangsring, Desa Sembalun, Desa Wringin Putih, Desa Tete Batu, Desa Paputungan, Desa Palaes dan Desa Pahawang.

Sepanjang 2022, SMF merealisasikan penyaluran pembiayaan pembangunan homestay dengan total sebesar Rp2,75 triliun untuk di 5 desa wisata yang terdiri dari 37 debitur.

Pada tahun yang sama, bekerja sama dengan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, SMF juga merenovasi 147 rumah tidak layak huni dengan serapan anggaran mencapai Rp10,4 miliar di 5 lokasi yaitu di Belu Nusa Tenggara Timur, Surakarta Jawa Tengah, Cirebon Jawa Barat, Mataram Nusa Tenggara Barat dan Medan Sumatera Utara.

Adapun sejak tahun 2019 hingga saat ini Perseroan telah merealisasikan program peningkatan kualitas rumah di daerah kumuh sebanyak 373 rumah di 16 lokasi dengan serapan anggaran mencapai Rp27,6 miliar.

Baca juga: SMF salurkan pinjaman perumahan Rp11,29 triliun pada 2022

Baca juga: SMF terbitkan obligasi senilai Rp2 triliun dukung penyaluran KPR FLPP


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023