Para pengungsi, khususnya kaum ibu-ibu, juga diberdayakan untuk ikut memasak demi mempersiapkan mereka untuk mandiri memenuhi kebutuhan logistik selama di pengungsian
Ponorogo, Jatim (ANTARA) - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menyediakan dapur umum untuk warga korban tanah gerak di Desa Tumpuk Kecamatan Sawoo yang saat ini ada di posko-posko pengungsian.

"Kami sudah hadir di sini sejak pertama kejadian," kata Kepala Dinsos P3A Kabupaten Ponorogo Supriyadi di Ponorogo, Rabu.

Sampai saat ini, lanjut dia, pihaknya terus menyiagakan petugas dan memastikan pasokan kebutuhan pokok untuk konsumsi warga terpenuhi.

Ia menjelaskan para pengungsi, khususnya kaum ibu-ibu, juga diberdayakan untuk ikut memasak demi mempersiapkan mereka untuk mandiri memenuhi kebutuhan logistik selama di pengungsian.

"Perkembangannya akan terus kami evaluasi agar bagaimana nanti masyarakat tidak tergantung sepenuhnya pada Dinsos untuk kebutuhan makanannya," ujarnya.

Oleh karenanya, jumlah petugas taruna siaga bencana (tagana) mulai dikurangi. Dari sebelumnya dikerahkan 20 orang, kini yang masih dipertahankan tinggal tiga orang.

"Kalau tagana saat ini masih mendampingi dan pengawasan ya perlahan kita kurangi," katanya.

Untuk itu pihaknya mulai melibatkan para wanita di pengungsian untuk memasak ditambah dari anggota PKK Desa.

Ia juga memastikan bahwa stok bahan pangan untuk para pengungsi cukup untuk 2 bulan kedepan sehingga ditambah dengan suplai dari donatur.

"Kemarin kita serahkan untuk ibu ibu disana tapi alatnya masih dari kita, Insya Allah cukup bahan pangan untuk dua bulan ke depan," katanya.

Secara umum, kondisi para pengungsi dalam kondisi sehat, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) juga rutin melakukan pemantauan.

Selain itu, kata dia, untuk bantuan lain seperti pakaian saat ini juga dirasa sudah cukup.

"Sampai kapan belum tahu, kemungkinan sampai relokasi, selama belum pindah bahan pangan dan kebutuhan lainnya tetap dari Dinsos," demikan Supriyadi.

Baca juga: Pemprov Jatim siapkan bantu relokasi warga terdampak tanah gerak

Baca juga: BPBD Jatim tinjau kondisi tanah gerak di Ponorogo

Baca juga: BPBD Ponorogo tetapkan kawasan zona merah sekitar tanah gerak

Baca juga: Ratusan warga Ponorogo terdampak tanah retak diungsikan

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023