Kampoeng Creative JFC itu menjadi wadah kolaborasi untuk memadukan kesenian, sejarah, dan budaya.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Kampoeng Creative Jember Fashion Carnaval (JFC) yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dengan Manajemen Yayasan JFC akan menjadi pintu masuk destinasi wisata di Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim).

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Ketua Tim Penggerak PKK Jember Kasih Fajarini dan President JFC Budi Setiawan meluncurkan peresmian Kampoeng Creative JFC di kawasan ruang terbuka hijau (RTH) di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jumat.

"Kampoeng Creative JFC yang berlokasi di RTH Arjasa itu menjadi pintu masuk menuju berbagai destinasi wisata di Kabupaten Jember," kata Hendy usai meresmikan Kampoeng Creative JFC di Kecamatan Arjasa.

Menurutnya, Pemkab Jember tidak mengurangi fungsi dari Ruang Terbuka Hijau Arjasa, namun ada berbagai kegiatan yang bersifat edukatif untuk anak-anak atau pelajar yang akan dikemas dengan menarik.

"Kampoeng Creative JFC itu menjadi wadah kolaborasi untuk memadukan kesenian, sejarah, dan budaya. Kami menggunakan nama JFC karena sudah tersohor dikenal dunia, sehingga diharapkan bisa ikut terkenal dan menggerakkan sektor wisata," ujarnya pula.

Ia menjelaskan Kabupaten Jember memiliki sejarah yang luar biasa dan pariwisatanya juga hebat, termasuk budaya lokal yang dikemas dengan apa yang dimiliki pihak manajemen JFC.

"Kami meminta masyarakat di Kecamatan Arjasa juga ikut menjaga keamanan, kebersihan dan kenyamanan pengunjung di Kampoeng Creative JFC, sehingga tamu yang berkunjung bisa senang," ujar dia lagi.

Presiden JFC Budi Setiawan mengatakan pihaknya mendapat amanah untuk mengelola kawasan RTH Arjasa menjadi Kampoeng Creative JFC dan menyiapkan Jember menjadi kota destinasi wisata karnaval berkelanjutan.

"Kampoeng Creative JFC itu bukan hanya sebagai tempat untuk berkreasi tetapi juga edukasi, mengenalkan sejarah, budaya, pameran, hiburan yang akan berdampak pada sektor ekonomi," katanya.

Peluncuran Kampoeng Creative JFC ditandai dengan penabuhan jimbe oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, Ketua TP PKK Kasih Fajarini, dan President JFC Budi Setiawan yang diiringi oleh tarian peserta anak-anak JFC.

Dongeng tentang sejarah Jember yang disampaikan oleh anak-anak dengan dua bahasa yakni bahasa Inggris dan bahasa Jawa juga mewarnai peresmian kampung kreatif tersebut, kemudian dimeriahkan juga dengan berbagai tarian dan kesenian tradisional Jember hingga fashion show talent JFC.
Baca juga: Pemkab Jember gagas Kampung Kreatif JFC untuk dongkrak pariwisata

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023