Kami berkomitmen menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi guna mewujudkan perguruan tinggi yang unggul baik melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta berusaha mewujudkan Good University Goverment
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember (Unej) masuk Klaster Mandiri Kemendikbudristek 2023 setelah mendapatkan predikat Badan Layanan Umum (BLU) terbaik di bidang pendidikan 2022 dari Menteri Keuangan dan memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) untuk Fakultas Hukum.

"Kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Jember terus membaik dan mewujudkan perguruan tinggi yang unggul," kata Rektor Unej Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng, IPM, saat pidato pada upacara wisuda perguruan tinggi periode V tahun akademik 2022/2023 yang digelar di Gedung Auditorium kampus setempat, Jember, Sabtu.

Menurutnya capaian prestasi itu terwujud berkat kerja sama dan kekompakan segenap keluarga besar Unej, mulai dari mahasiswa, dosen, tenaga pendidikan dan para pemangku kepentingan lainnya.

"Kami berkomitmen menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi guna mewujudkan perguruan tinggi yang unggul baik melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta berusaha mewujudkan Good University Goverment," katanya.

Ia menjelaskan Unej masuk Klaster Mandiri berdasarkan penilaian kinerja riset dan pengabdian kepada masyarakat yang digelar oleh Kemendikbudristek.

"Ada 40 perguruan tinggi yang masuk Klaster Mandiri dari 880 perguruan tinggi akademik dan 162 perguruan tinggi vokasi di Indonesia yang masuk penilaian Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat Ditjen Dikti," katanya.

Kemendikbudristek membagi kinerja riset dan pengabdian kepada masyarakat perguruan tinggi di Indonesia menjadi Klaster Mandiri, Klaster Utama, Klaster Madya dan Klaster Pratama.

Penilaian itu berbasis pada data kinerja riset yang meliputi berapa dosen yang melaksanakan riset, afiliasi riset, kondisi jurnal ilmiah, dan jumlah riset yang dijalankan.

Sementara di bidang pengabdian kepada masyarakat, Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat Ditjen Dikti sebagai penilai melihat bagaimana sebuah perguruan tinggi mengelola kegiatan pengabdian kepada masyarakat, pengelolaan hak atas kekayaan intelektual dan buku yang dihasilkan para dosen.

"Saya berpesan agar seluruh wisudawan tidak minder apalagi takut bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain di pasar kerja karena Unej sudah sejajar dengan perguruan tinggi lainnya yang terbukti dengan pencapaian prestasi kampus dan kiprah lulusannya," demikian Iwan Taruna.

Baca juga: Fakultas Hukum Unej raih piagam penghargaan WBK dari Kemenristekdikti

Baca juga: Universitas Jember jadi salah satu PTN yang diminati pelajar Thailand

Baca juga: Unej raih peringkat ketiga BLU dengan kinerja terbaik se-Indonesia

Baca juga: Mahasiswa Unej teliti aerogel rami atasi tumpahan minyak di laut

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023