Batam (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia (RI) mengirim KN Tanjung Datu-301 untuk membawa ribuan paket bantuan sosial (Bansos) bagi korban tanah longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

“KN Tanjung Datu-301 bertolak menuju Pulau Serasan dari Dermaga Faslabuh TNI Angkatan Laut, Selat Lampa Natuna, Sabtu dini hari (11/3),” ujar Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara dalam keterangan yang diterima di Batam Kepulauan Riau, Sabtu.

Dia menjelaskan, digunakannya KN Tanjung Datu-301 itu menanggapi kejadian bencana alam tanah longsor di Pulau Serasan. dan Bakamla RI bersama Kementerian atau lembaga terkait, kelompok masyarakat, turut serta menggalang bantuan untuk sedikit membantu korban bencana.

“Berkat dukungan dari berbagai pihak, Bakamla RI berhasil mengangkut ribuan paket bantuan sosial. Tidak hanya berupa bahan makanan cepat saji, namun juga terdapat bantuan berupa beras, bumbu masakan, air mineral dan minuman, serta makanan ringan,” kata dia.

Baca juga: Pemerintah lakukan operasi TMC untuk bantu tangani longsor Natuna

Tidak hanya makanan, bantuan yang dikirimkan juga berupa pakaian bekas layak pakai, selimut, popok bayi sekali pakai, dan pembalut wanita pun juga turut termasuk di dalam bantuan sosial tersebut.

“Obat-obatan dan vaksin juga disertakan untuk diberikan kepada korban cedera yang membutuhkan penanganan medis,” katanya.

Dia menyebutkan, tidak ada kendala dalam pelayaran untuk membawa bantuan sosial bagi korban bencana tanah longsor tersebut menuju lokasi bencana.

“Kapal yang membawa bantuan sosial berjalan dengan lancar, dan kapal bertolak sesuai dengan waktu yang direncanakan,” kata dia.

Baca juga: BMKG: Operasi TMC digelar bantu evakuasi korban longsor Natuna
Baca juga: Kapal BN 01 angkut logistik ke Serasan untuk korban longsor Natuna


Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023