Sampit (ANTARA) - Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah kembali mendapat kepercayaan mengikuti kegiatan Pramuka tingkat internasional, yakni Jambore Dunia ke-25 (25th World Scout Jamboree) yang akan dilaksanakan di Korea Selatan pada Agustus 2023.

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor di Sampit, Minggu, mengatakan Pramuka Kotawaringin Timur (Kotim) memang aktif mengikuti kegiatan regional, nasional dan internasional, bahkan sebelumnya pernah mengikuti kegiatan di Brunei Darussalam.

"Ini menunjukkan Pramuka Kotawaringin Timur selalu bergerak dan aktif dengan program-programnya," katanya.

Baca juga: Pramuka Kotawaringin Timur kirim peserta terbanyak ke Jambore Nasional

Dikutip dari laman resmi Pramuka, Jambore Dunia ke-25 akan dilaksanakan di Saemangeum, Buan-gun, Jeollabuk-do, Korea Selatan pada 1-12 Agustus 2023. Kegiatan ini menempati lahan perkemahan seluas 8.84 kilometer persegi dan diisi dengan berbagai kegiatan atau program menarik.

Kegiatan kepanduan internasional ini akan diikuti oleh 170 National Scout Organization (NSO), termasuk Gerakan Pramuka (Indonesia). Jambore Dunia kali ini mengusung tema Draw Your Dream! Make Your Dreams Come True!.

"Ini merupakan kepercayaan besar bagi Kotawaringin Timur dengan hadir dalam kegiatan tingkat dunia," ucapnya.

Kepercayaan ini merupakan buah hasil komitmen, konsistensi dan kerja keras seluruh jajaran Kwarcab Pramuka Kotawaringin Timur yang didukung penuh pemerintah daerah dalam menggerakkan program kepramukaan.

Hal inilah yang diakui menjadi kelebihan Kwarcab Pramuka Kotawaringin Timur dibanding daerah lain di Kalimantan Tengah. Bahkan, Kotawaringin Timur selama sembilan tahun berturut-turut meraih predikat Kwarcab Pramuka Tergiat di provinsi ini.

Baca juga: Sanggar Pramuka Kotawaringin Timur untuk rumah singgah pemudik Lebaran

Baca juga: Pramuka NTB ikuti Jambore Internasional di Singapura


Pembinaan Pramuka hingga ke tingkat kecamatan juga terus dilakukan. Barometer perkembangannya terlihat pada penganugerahan penghargaan kepada kecamatan terbaik yang menjadi Kwarran Pramuka Tergiat di Kotawaringin Timur setiap tahunnya.

"Kami mengajak kepada orang tua untuk mengarahkan anak-anaknya untuk aktif dalam kegiatan Pramuka. Ini juga sebagai upaya menghindarkan anak-anak kita dari pergaulan bebas, narkoba, kenakalan remaja. Pramuka akan menanamkan disiplin, kemandirian, jiwa sosial dan nilai-nilai positif lainnya," kata Halikinnor.

Sebelumnya (11/3), Halikinnor membuka Kemah Besar Pramuka Kabupaten Kotawaringin Timur di Bumi Perkemahan Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit. Kegiatan ini diikuti sekitar 2.500 peserta, sekitar 500 orang diantaranya dari Kabupaten Seruyan.​

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat/Norjani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023