Banjarmasin (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melaksanakan pemeriksaan uji petik kelaiklautan kapal penumpang menjelang masa angkutan Lebaran 2023.

"Kapal yang telah dilakukan uji petik adalah KM Dharma Kartika IX milik PT Dharma Lautan Utama (DLU)," kata Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun, Minggu.

Dalam pemeriksaannya, tim Marine Inspector KSOP melakukan pengujian beberapa alat keselamatan kapal, termasuk pencegahan pencemaran dan pengawakan kapal.

Selain itu, sertifikat dan dokumen di atas kapal, termasuk status hukum kapal juga tak luput dari pemeriksaan.

Agustinus berharap kapal yang telah melewati pengujian bisa beroperasi dengan baik sehingga dapat memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi penumpang.
Tim Marine Inspector KSOP Banjarmasin saat melaksanakan pemeriksaan uji petik kelaiklautan KM Dharma Kartika IX yang sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. ANTARA/Firman


Pelaksanaan uji petik tersebut sebagai tindak lanjut instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor IR-DJPL 1 Tahun 2023 tentang Pengendalian Transportasi Laut pada Masa Idulfitri 1444 Hijriah/Tahun 2023.

Lonjakan penumpang kapal laut pada masa libur panjang Lebaran, kata dia, diprediksi terjadi sehingga diperlukan kesiapan armada kapal laik untuk berpelayar.

Pada masa mudik Lebaran 2022, pemudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dilayani dua armada milik PT DLU, yaitu KM Dharma Kartika lX dan KM Dharma Rucitra 1 serta dua armada milik PT Berlian Lautan Sejahtera, KM Niki Barokah dan KM Mila Utama.

Baca juga: PT DLU siapkan 45 kapal untuk hadapi angkutan Lebaran
Baca juga: PT DLU buka rute Batulicin-Makassar guna jaga perekonomian

Pewarta: Firman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023