Awalnya pihak manajemen hanya memberlakukan satu kali keberangkatan dalam satu pekan, kini menjadi dua kali
Batulicin (ANTARA) - PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menambah trip atau jumlah pelayaran tujuan Makassar Sulawesi Selatan.

"Awalnya pihak manajemen hanya memberlakukan satu kali keberangkatan dalam satu pekan, kini menjadi dua kali," kata Kepala PT DLU Cabang Batulicin Jamirin di Batulicin Selasa.

Dia mengatakan tujuan penambahan trip pelayaran tersebut untuk meningkatkan pelayanan bagi calon penumpang kapal rute tersebut dan menjaga perekonomian di "Bumi Bersujud" tetap stabil.

Rata-rata penumpang asal Makassar Tujuan Batulicin, yakni angkutan yang membawa sembako seperti beras, bawang merah, sapi dan kebutuhan bahan pokok lainnya yang dibawa ke Kabupaten Tanah Bumbu dan sekitarnya melalui Pelabuhan Samudera Batulicin.

Artinya ditambah trip pelayaran pada rute itu ketersediaan dan harga kebutuhan bahan pokok tetap tercukupi dan stabil.

Penumpang kapal pada rute tersebut dilayani KMP Dharma Feri III dengan kapasitas mencapai 650 penumpang dan 25 unit kendaraan roda empat atau roda enam.

"KMP Dharma Feri III selain melayani penumpang rute Batulicin-Makassar dan sebaliknya, kapal tersebut juga diperbantukan untuk melayani penumpang tujuan Batulicin-Pare-Pare," ucap Jamirin.

Mengenai harga tiket tidak ada perubahan, Rp290.000 orang dewasa, kendaraan roda dua Rp560.000, kendaraan roda empat sekelas Toyota Avansa Rp2.450.000, truk tanpa muatan Rp3.750.000 dan truk membawa muatan Rp4.050.000.

Baca juga: PT DLU komitmen promosi pariwisata Ende Flores

Baca juga: PT DLU membuka rute Labuan Bajo-Ende bangun konektivitas pariwisata

Baca juga: PT DLU buka rute Batulicin-Makassar guna jaga perekonomian

Pewarta: Gunawan Wibisono/Sujud Mariono
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023