Peningkatan jumlah penumpang mulai terjadi pertengahan Ramadhan
Banjarmasin (ANTARA) - Operator kapal pelayaran nasional PT Dharma Lautan Utama (DLU) telah mengangkut lebih kurang 10 ribu pemudik dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya terhitung sejak awal puasa Ramadhan hingga hari ini.

"Peningkatan jumlah penumpang mulai terjadi pertengahan Ramadhan," kata Kepala Cabang PT DLU Banjarmasin Anton Wahyudi di Bajarmasin, Minggu.

Diakui Anton, musim mudik kali ini cenderung landai ditandai semua trip yang tersedia tercukupi.

Untuk KM Dharma Rucitra I rata-rata mengangkut 900 penumpang dan KM Dharma Kartika II seribu penumpang dengan kendaraan terangkut sekitar 60 sampai 70 unit.

Penerapan sistem daring pada pemesanan tiket juga berhasil mengurai desakan atau antrean calon penumpang yang ingin mendapatkan tiket secara langsung di kantor DLU Cabang Banjarmasin di Jalan Yos Sudarso, Banjarmasin.

Bahkan DLU membuka pemesanan tiket satu bulan lebih awal, sehingga calon penumpang sudah bisa reservasi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Adapun keberangkatan terakhir kapal DLU tujuan Surabaya sebelum libur Lebaran dijadwalkan pada Senin (8/4) yakni KM Dharma Rucitra I.

Sementara Sumarno (47), salah satu penumpang KM Dharma Kartika II yang berangkat Minggu petang mengaku kapal DLU sudah menjadi andalannya setiap mudik Lebaran ke pulau Jawa.

"Alhamdulilah kapal DLU nyaman dengan fasilitas terbaik, pelayanan petugasnya juga ramah sejak di pelabuhan hingga selama perjalanan di atas kapal," ucap warga asal Kota Malang ini.

Baca juga: DLU Sampit sebut 80 persen tiket mudik Lebaran 2024 sudah terjual
Baca juga: PT DLU Banjarmasin operasikan dua kapal layani libur akhir tahun
Baca juga: Pemudik dari Pelabuhan Sampit ramai bawa kendaraan pribadi ke Jawa

 
Kepala Cabang PT DLU Banjarmasin Anton Wahyudi menyapa penumpang yang membawa anak kecil untuk menuju fasilitas khusus di atas kapal KM Dharma Kartika II. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024