KM Dharma Kartika ll dan KM Dharma Rucitra 1 siap melayani masyarakat di Kalimantan Selatan dan sekitarnya yang hendak melakukan perjalanan ke Pulau Jawa
Banjarmasin (ANTARA) - PT Dharma Lautan Utama (DLU) Kantor Cabang Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengoperasikan dua kapal untuk melayani masyarakat di musim libur akhir tahun dengan tujuan ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur.

"KM Dharma Kartika ll dan KM Dharma Rucitra 1 siap melayani masyarakat di Kalimantan Selatan dan sekitarnya yang hendak melakukan perjalanan ke Pulau Jawa," kata Kepala Cabang PT DLU Banjarmasin Anton Wahyudi, Rabu.

Untuk KM Dharma Kartika II berkapasitas 762 penumpang, sedangkan KM Dharma Rucitra I bisa memuat 776 penumpang plus kendaraan baik roda dan roda empat hingga angkutan truk besar.

Armada DLU pun semuanya telah dilaksanakan pemeriksaan uji petik kelaiklautan kapal penumpang oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi penumpang.

Baca juga: DLU pastikan kesiapan hadapi lonjakan penumpang Nataru di Sampit

Baca juga: PT DLU Batulicin tambah trip pelayaran jelang Natal dan Tahun Baru


Anton mengimbau calon penumpang melakukan pemesanan tiket secara daring melalui akses pembelian tiket yang disediakan.

Hal itu untuk menghindari pembelian tiket secara ilegal dengan harga jauh lebih mahal yang biasanya rawan permainan calo pada musim libur seperti sekarang.

"Silahkan datang ke kantor pelayanan kami di Jalan Yos Sudarso Banjarmasin untuk informasi resmi bagi calon penumpang dan nikmati beragam program khusus yang ditawarkan," ucapnya.
 
Petugas PT DLU melayani calon penumpang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Diketahui pada musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT DLU sebagai perusahaan pelayaran nasional di Indonesia mendukung kelancaran angkutan laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

KSOP Banjarmasin memprediksi jumlah penumpang kapal di musim libur akhir tahun 2023 ini naik delapan persen dari tahun lalu 13.148 jiwa menjadi 14.199 jiwa.

Baca juga: PT DLU tambah trip tujuan Batulicin-Makassar

Baca juga: Pemudik dari Pelabuhan Sampit ramai bawa kendaraan pribadi ke Jawa

Pewarta: Firman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023